Perancangan Perangkat Lunak Kamus Bahasa Arab Indonesia Dengan Metode Parsing

Kuswardayan, Imam (2001) Perancangan Perangkat Lunak Kamus Bahasa Arab Indonesia Dengan Metode Parsing. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2695100036.pdf]
Preview
Text
2695100036.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada aturan kata dalam Bahasa Arab, sebuah kata bisa berubah menjadi puluhan hingga ratusan bentuk, yang masing-masing memiliki arti sendiri-sendiri. Pola perubahan bentuk kata tersebut memiliki aturan-aturan yang jelas dan pasti untuk menghemat penyimpanan database kamus penerjemah, perlu dirancang bagaimana agar kamus tersebut cukup hanya menyimpan dalam bentuk dasar setiap kata yang bisa mengalami perubahan dalam bahasa Arab. Metode parsing, bisa digunakan untuk mengenal pola kata Bahasa Arab dengan mengambil informasi action reduksi production mana saja yang telah sukses dilakukan untuk suatu masukan kata berbahasa Arab yang telah dikodekan menjadi token-token . Penggunaan database baik untuk production rules maupun kamus, memungkinkan aplikasi kamus Arab Indonesia untuk dikembangkan tanpa harus mengubah source program. Uji coba dilakukan dengan data sampling production rules yang mewakili perubahan kata berpola wazn fa'ala dengan bina' shohih serta beberapa kata bentuk dasar yang dijadikan data kamus. Dengan memasukkan suatu kata yang telah berubah bentuk dari bentuk asalnya yang mana bentuk asalnya terdapat
dalam kamus, perangkat lunak ini mampu mendefinisikan kata tersebut serta memberikan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan pola kata tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Kus p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Oct 2018 01:46
Last Modified: 19 Oct 2018 01:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59877

Actions (login required)

View Item View Item