Perancangan Armada Kapal Penangkap Ikan Jenis Rawai Tuna (Tuna Long Line) Untuk Daerah Pantai Selatan Jawa Timur

Murdiadi, Dedi (2001) Perancangan Armada Kapal Penangkap Ikan Jenis Rawai Tuna (Tuna Long Line) Untuk Daerah Pantai Selatan Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100043.pdf]
Preview
Text
4195100043.pdf - Published Version

Download (69MB) | Preview

Abstract

Perancangan armada kapal penangkap ikan tuna ini dilakukan berdasar pertimbangan akan meningkatnya permintaan pasar dunia terhadap ikan tuna dari Indonesia di masa depan. Jawa Timur sendiri diperkirakan memiliki potensi tuna yang cukup besar di ZEEI samudera Indonesia. Seiring dengan usaha pengembangan perikanan nasional dengan pemberdayaan nelayan tradisional, maka kapal ini diarahkan untuk diusahakan oleh para nelayan lokal di daerah pantai selatan Jawa Timur. Dalam tugas akhir ini akan dirancang kapal penangkap ikan dengan alat tangkap rawai tuna (tuna longline) yang efektif dan efisien dari sisi teknis dan ekonomis. Perancangan akan dimulai dengan penentuan parameter-parameter yang sesuai dengan usaha penangkapan yang akan dijalankan. Selanjutnya proses optimisasi akan dilakukan untuk menentukan ukuran utama kapal yang paling menguntungkan berdasarkan kriteria ekonomis dengan pemenuhan persyaratan-persyaratan teknis kapal. Langkah berikutnya adalah perancangan spesifikasi dan perhitungan karakteristik teknis lebih lanjut terhadap kapal dengan ukuran tersebut serta perhitungan ekonomis yang lebih detil. Dari penelitian ini didapatkan kapal dengan ukuran LPP = 20,75 m, B = 4,7 m dan D = 2 meter. Nilai profitability index (PI) dari operasional usaha dengan kapal ini sendiri sebesar 1,47.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.820 2 Mur p
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:10
Last Modified: 18 Oct 2018 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59882

Actions (login required)

View Item View Item