Tinjauan Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Penumpang (RO-RO) Untuk Wilayah Maluku Utara

Abjanto, Mohammad Rony (2000) Tinjauan Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Penumpang (RO-RO) Untuk Wilayah Maluku Utara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4197100511.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Peningkatan status daerah akan berakibat langsung terhadap peningkatan mobilitas penduduk (khususnya untuk kegiatan perekonomian) dari suatu daerah ke daerah lain. Hal ini akan terjadi di wilayah kepulauan Maluku Utara yang status daerah ini semula adalah kabupaten, menjadi propinsi baru yaitu Moloku Kie Raha (Maluku bagian utara) yang merupakan salah satu kebijaksanaan pemerintah mengenai pemekaran propinsi di Indonesia. Untuk mengantisipasi permasalahan peningkatan permintaan penduduk akan sarana transportasi laut, maka harus ada sarana transportasi untuk angkutan penumpang yang memadai ( terpenuhi persyaratan keselamatan dan kenyamanan penumpang) dan efisien dari segi waktu dan biaya, mengingat sarana transportasi penumpang yang dioperasikan sekarang ini, menggunakan kapal - kapal perintis, yang sebenarnya adalah kapal barang yang difungsikan juga sebagai kapal pengangkut penumpang. Hipotesis awal dari penelitian ini, bahwa kapal yang paling menguntungkan adalah kapal penumpang jenis Ro-Ro (Roll On Roll Off) yaitu : kapal yang dapat mengangkut penumpang dan kendaraan, dimana kendaraan yang diangkut dapat berjalan sendiri dengan rodanya pada saat naik (loading) I turun (unloading) ke/dari kapal. Pemilihan kapal jenis tersebut didasari oleh pertimbangan waktu bongkar muat barang (khususnya barang/bahan kebutuhan pokok masyarakat) yang lebih cepat, dimana barang tersebut dapat diangkut oleh truk-truk dan didistribusikan langsung pada masyarakat. Juga pertimbangan lain yang tidak kalah penting seperti pengembangan potensi pariwisata di daerah-daerah .. Untuk merealisasikan tujuan tersebut di atas maka perlu adanya analisa baik teknis maupun ekonomis agar dapat diprediksi layak tidaknya pengadaan kapal tersebut yang nantinya dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah Maluku Utara untuk pengambilan keputusan. Analisa Teknis difokuskan pada perencanaan prototype kapal yang mengacu pada desain kapal pembanding, dengan sebelumnya dilakukan penentuan kapasitas angkut kapal yang didasarkan pada data permintaan penumpang akan kapal perintis, kemudian dilakukan penentuan ukuran utama kapal melalui tahap pra-perencanaan (preleminary design). Selanjutnya dari data ukuran utama kapal (Principal Dimension), Rencana Umum (General Arrangement) dapat ditentukan sebagai input dari analisa Ekonomis. Analisa Ekonomis diakomodir oleh analisa pencapaian Break Event Point (BEP) dalam umur ekonomis kapal yang inputnya adalah harga kapal (Building Cost), biaya operasional (Operating Cost), dan pendapatan (Freight Earning) yang akan diperoleh. Kajian Teknis dan Ekonomis inilah yang menjadi titik berat penentuan kelayakan pengadaan kapal khusus tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.824 3 Abj t
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:28
Last Modified: 18 Oct 2018 03:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59884

Actions (login required)

View Item View Item