Hutomo, Dhanang Prayudi (2002) Pengukuran Produktivitas Operasional Bongkar Muat Di Pelabuhan Dengan Pendekatan Critical Path Method. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4397100041.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Abstract
Tingkat operasional pelayanan di pelabuhan sangatlah tergantung pada kemampuan operasi peralatan dan fasilitas sesuai dengan fungsinya. Dengan beroperasinya peralatan secara optimal, maka pelayanan juga akan meningkat, sehingga keuntungan yang diperoleh pihak manajemen pelabuhan juga akan ikut naik. Kenyataan yang ada sekarang, khususnya di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, mengalami suatu permasalahan yaitu kapasitas pelayanannya mengalami jluktuasi, dimana hal ini tidak sesuai dengan harapan. Salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dilakukannya analisa operasional, dalam hal ini mencoba menggunakan Port Network Model dengan pendekatan Critical Path Method. Dengan pendekatan CPM, akan didapatkan waktu efektif pelayanan bongkar muat, yaitu waktu efektif pergerakan barang dalam operasional bongkar muat. Produktivitas bongkar muat di pelabuhan, khususnya produktivitas buruh, merupakan element utama pada proses bongkar muat
dimana sesuai penghilungan diketahui produktivitas buruh di keliga dermaga rata-rata masih rendah antara 10 - 15 TIGI.J, kecuali untuk kemasan BC pada dermaga Jamrud Utara sebesar 34 TIGIJ dan kemasan UN pada dermaga Berlian sebesar 20 TIG/J. Dengan analisa CPM didapatkan bottleneck pada pergerakan barang dalam operasional bongkar muat. Bottleneck yang terlihat kebanyakan terjadi di dermaga. Hal ini dikarenakan ada keterkaitan secara langsung dengan produktivitas buruh. Pada akhirnya diketahui bahwa faktor yang paling dominan dalam operasional bongkar muat adalah produktivitas buruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 658.403 2 Hut p |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 03:11 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 03:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59887 |
Actions (login required)
View Item |