Pengukuran Produktivitas Operasional Bongkar Muat Di Pelabuhan Dengan Pendekatan Critical Path Method

Hutomo, Dhanang Prayudi (2002) Pengukuran Produktivitas Operasional Bongkar Muat Di Pelabuhan Dengan Pendekatan Critical Path Method. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4397100041.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tingkat operasional pelayanan di pelabuhan sangatlah tergantung pada kemampuan operasi peralatan dan fasilitas sesuai dengan fungsinya. Dengan beroperasinya peralatan secara optimal, maka pelayanan juga akan meningkat, sehingga keuntungan yang diperoleh pihak manajemen pelabuhan juga akan ikut naik. Kenyataan yang ada sekarang, khususnya di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, mengalami suatu permasalahan yaitu kapasitas pelayanannya mengalami jluktuasi, dimana hal ini tidak sesuai dengan harapan. Salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dilakukannya analisa operasional, dalam hal ini mencoba menggunakan Port Network Model dengan pendekatan Critical Path Method. Dengan pendekatan CPM, akan didapatkan waktu efektif pelayanan bongkar muat, yaitu waktu efektif pergerakan barang dalam operasional bongkar muat. Produktivitas bongkar muat di pelabuhan, khususnya produktivitas buruh, merupakan element utama pada proses bongkar muat dimana sesuai penghilungan diketahui produktivitas buruh di keliga dermaga rata-rata masih rendah antara 10 - 15 TIGI.J, kecuali untuk kemasan BC pada dermaga Jamrud Utara sebesar 34 TIGIJ dan kemasan UN pada dermaga Berlian sebesar 20 TIG/J. Dengan analisa CPM didapatkan bottleneck pada pergerakan barang dalam operasional bongkar muat. Bottleneck yang terlihat kebanyakan terjadi di dermaga. Hal ini dikarenakan ada keterkaitan secara langsung dengan produktivitas buruh. Pada akhirnya diketahui bahwa faktor yang paling dominan dalam operasional bongkar muat adalah produktivitas buruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 658.403 2 Hut p
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:11
Last Modified: 18 Oct 2018 03:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59887

Actions (login required)

View Item View Item