Perencanaan Struktur Track Monorail Ndan Switchpoint Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Dengan Struktur Beton Pracetak – Pratekan

Hidayat, Muhammad Ikhsan (2015) Perencanaan Struktur Track Monorail Ndan Switchpoint Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Dengan Struktur Beton Pracetak – Pratekan. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112105054-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Melihat kondisi lalu lintas di kawasan Bandara Soekarno-Hatta yang begitu padat tentunya menimbulkan kerugian di berbagai pihak terutama para pengguna jalan. Padatnya lalu lintas menuju bandara Soekarno-Hatta akan memperbanyak waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke bandara, hal ini akan membuat penumpang terlambat pesawat serta lalu lintas menjadi kurang lancar. Oleh sebab itu untuk meningkatkan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta, akan dibangun fasilitas angkutan internal Bandara yang berupa Kereta Monorel yang melayani perpindahan orang dari satu terminal ke terminal lainnya. Jenis kereta Monorel yang digunakan yaitu APMS (Automated People Mover System) buatan PT. INKA yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Dalam Tugas akhir ini akan direncanakan struktur Track monorel dan Switchpoint sebagai fasilitas pendukung di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng – Jakarta. Dimana Track monorel sebagai sarana melintas nya kereta untuk mengangkut penumpang dari terminal satu ke terminal lainnya. Sedangkan fungsi dari Switchpoint adalah sebagai sarana kereta untuk berpindah jalur dari satu jalur ke jalur lainnya. Struktur Balok Track Monorel menggunakan Beton pracetak-pratekan, sedangkan struktur Switchpoint menggunakan beton bertulang dengan mutu tinggi. i Desain dan pembebanan Track Monorel Bandara menggunakan standar pembebanan kereta dan kriteria desain dari PT. INKA. Adapun beban-beban lainnya yaitu beban gempa menggunakan standar pembebanan gempa untuk jembatan yaitu RSNI 2833:201X (2013). Sedangkan standar-standar lain yang digunakan dalam perencanaan antara lain, SNI 03-2847-2002 (Struktur Beton), PCI (Precast Concrete Institue) dan PPPURG 1987 (Pembebanan Gedung). ==================================================================================================== traffic conditions in the area of Soekarno-Hatta were so dense certainly cause losses in various parties, especially road users. dense traffic towards Soekarno-Hatta will increase the time it takes to get to the airport, it will make a late passenger plane as well as traffic becomes less smooth. therefore to improve services at Soekarno-Hatta, internal transport facilities will be built in the form of airport monorail trains that serve the movement of people from one terminal to another terminal. type monorail train used is APMS (automated people mover system) artificial pt. inka located in Madiun, East Java, Indonesia. in this thesis will be planned monorail track structure and switchpoint as support facilities at Soekarno-Hatta - jakarta. where the monorail track as a means of his passing trains to carry passengers from one terminal to another terminal. while the function of the switchpoint is as a means to change lanes train from one track to another track. monorail track beam structure using precast-prestressed concrete, while the switchpoint using reinforced concrete structure with high quality. design and loading tracks using the airport monorail train loading standards and design criteria of pt. inka. As for the other expenses that seismic load using standard earthquake loading to bridge that RSNI 2833: 201x (2013). while other standards are used in the planning, among others, SNI 03-2847- iii 2002 (concrete structures), pci (precast concrete institue) and pppurg 1987 (loading building).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 693.544 Hid p
Uncontrolled Keywords: Monorel, Switchpoint, Balok Guideway, Beton Pracetak, Beton Pratekan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:16
Last Modified: 19 Oct 2018 04:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59900

Actions (login required)

View Item View Item