Kusuma, Budi Perdana (2015) Studi Empirik Pengaruh Perubahan Viskositas Fluida Terhadap Respon Dinamis Dari Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2112105021-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tuntutan konsumen otomotif dan keterbatasan sumber
energi dunia menjadi pendorong produsen otomotif untuk
membuat dan mengembangkan kendaraan yang lebih efektif
dalam hal pemanfaatan energi serta unggul dalam berbagai
aspek termasuk aspek kenyamanan. Untuk mendukung
kenyamanan tersebut telah dikembangkan suatu komponen
kendaraan yang berfungsi untuk meredam getaran, komponen
tersebut dikenal dengan sebutan shock absorber. Dalam
perkembangannya shock absorber mengalami banyak kemajuan,
akan tetapi energi redaman dari komponen ini terbuang begitu
saja. Regenerative shock absorber adalah mekanisme alat yang
dapat mengurangi energi loss pada suspensi kendaraan.
Regenerative shock absorber (RSA) mampu mengubah getaran
yang terjadi pada kendaraan oleh gangguan kontur permukaan
jalan menjadi energi listrik.
Pada penelitian ini dilakukan studi pengaruh perubahan
viskositas fluida terhadap respon dinamis dari hydraulic motor
regenerative shock absorber (HMRSA). Studi ini dilakukan
dengan melakukan variasi viskositas oli yang digunakan
sehingga diperoleh respon (kecepatan dan percepatan) masa
sprung terhadap eksitasi yang diberikan.
Dari hasil studi experimen ini diperoleh nilai redaman
HMRSA pada saat pembebanan accu (terisi 50%) untuk
vi
penggunaan oli ISO VG 10, ISO VG 32 dan ISO VG 46 berturutturut
adalah 7059 Ns/m, 9593 Ns/m dn 12079 Ns/m. Artinya nilai
redaman HMRSA semakin besar seiring dengan semakin
kentalnya oli yang digunakan. Energi bangkitan HMRSA terbesar
untuk semua penggunaan oli terjadi saat frekuensi eksitasi 1,7
Hz. Besarnya energi bangkitan pada penggunaan oli ISO VG 10,
ISO VG 32 dan ISO VG 46 berturut-turut adalah sebesar 2,333
watt, 1, 92 watt dan 1, 581 watt, dimana energi bangkitan
terbesar dihasilkan pada saat penggunaan oli ISO VG 10.
===================================================================================================
Automotive consumer demand and limitation of world
energy source become automotive manufacturer stimulation to
create and develop more effective vehicle in term of energy
utilization as well as excelling in various aspect including the
aspect of comfort. To support these compenence, it has been
developed a vehicle component which serves to dampen vibration,
the component is known as a shock absorber. In its development,
shock absorber having a lot of progress, but the energy reducer of
this component is wasted. Regenerative shock absorber
mechanism is a tool that can reduce the energy loss on
suspension of the vehicle. Regenerative shock absorber (RSA) is
able to turn the vibration that occur on the vehicle by the contour
interference of the road surface into electrical energy.
This research study is conducted on the influence of
changes in fluid viscosity to dynamic response of hydraulic motor
regenerative shock absorber (HMRSA). The studi was done by
doing a variation of the viscosity of the oil being used so that the
retrieved response (velocity and acceleration) of the sprung mass
to the excitation is given.
The result of experimental study is obtained a HMRSA
damping value with load (accu 50%) to used the filled oil ISO
VG 10, ISO VG 32 and ISO VG 46 consecutive is 7059
Ns/m,9593 Ns/m and12079 Ns/m. HMRSA damping value means
viii
getting bigger due to the increasingly the oil condensed used.
The biggest generator power HMRSA to all use of oil occured
during excitation frequency 1,7 Hz. Magnitude of generator
power in the use of oil of ISO VG 10, ISO VG 32 and ISO VG 46
consecutive is 2,333 watt, 1,92 watt and 1,581 watt, where the
greatest generator generated power at a time when the use of oil
of ISO VG 10.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.112 72 Bud s |
Uncontrolled Keywords: | Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber, Viscosity, Dynamic Response |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 07:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 07:01 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59933 |
Actions (login required)
View Item |