Studi Empirik Pengaruh Perubahan Viskositas Fluida Terhadap Respon Dinamis Dari Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA)

Kusuma, Budi Perdana (2015) Studi Empirik Pengaruh Perubahan Viskositas Fluida Terhadap Respon Dinamis Dari Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112105021-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tuntutan konsumen otomotif dan keterbatasan sumber energi dunia menjadi pendorong produsen otomotif untuk membuat dan mengembangkan kendaraan yang lebih efektif dalam hal pemanfaatan energi serta unggul dalam berbagai aspek termasuk aspek kenyamanan. Untuk mendukung kenyamanan tersebut telah dikembangkan suatu komponen kendaraan yang berfungsi untuk meredam getaran, komponen tersebut dikenal dengan sebutan shock absorber. Dalam perkembangannya shock absorber mengalami banyak kemajuan, akan tetapi energi redaman dari komponen ini terbuang begitu saja. Regenerative shock absorber adalah mekanisme alat yang dapat mengurangi energi loss pada suspensi kendaraan. Regenerative shock absorber (RSA) mampu mengubah getaran yang terjadi pada kendaraan oleh gangguan kontur permukaan jalan menjadi energi listrik. Pada penelitian ini dilakukan studi pengaruh perubahan viskositas fluida terhadap respon dinamis dari hydraulic motor regenerative shock absorber (HMRSA). Studi ini dilakukan dengan melakukan variasi viskositas oli yang digunakan sehingga diperoleh respon (kecepatan dan percepatan) masa sprung terhadap eksitasi yang diberikan. Dari hasil studi experimen ini diperoleh nilai redaman HMRSA pada saat pembebanan accu (terisi 50%) untuk vi penggunaan oli ISO VG 10, ISO VG 32 dan ISO VG 46 berturutturut adalah 7059 Ns/m, 9593 Ns/m dn 12079 Ns/m. Artinya nilai redaman HMRSA semakin besar seiring dengan semakin kentalnya oli yang digunakan. Energi bangkitan HMRSA terbesar untuk semua penggunaan oli terjadi saat frekuensi eksitasi 1,7 Hz. Besarnya energi bangkitan pada penggunaan oli ISO VG 10, ISO VG 32 dan ISO VG 46 berturut-turut adalah sebesar 2,333 watt, 1, 92 watt dan 1, 581 watt, dimana energi bangkitan terbesar dihasilkan pada saat penggunaan oli ISO VG 10. =================================================================================================== Automotive consumer demand and limitation of world energy source become automotive manufacturer stimulation to create and develop more effective vehicle in term of energy utilization as well as excelling in various aspect including the aspect of comfort. To support these compenence, it has been developed a vehicle component which serves to dampen vibration, the component is known as a shock absorber. In its development, shock absorber having a lot of progress, but the energy reducer of this component is wasted. Regenerative shock absorber mechanism is a tool that can reduce the energy loss on suspension of the vehicle. Regenerative shock absorber (RSA) is able to turn the vibration that occur on the vehicle by the contour interference of the road surface into electrical energy. This research study is conducted on the influence of changes in fluid viscosity to dynamic response of hydraulic motor regenerative shock absorber (HMRSA). The studi was done by doing a variation of the viscosity of the oil being used so that the retrieved response (velocity and acceleration) of the sprung mass to the excitation is given. The result of experimental study is obtained a HMRSA damping value with load (accu 50%) to used the filled oil ISO VG 10, ISO VG 32 and ISO VG 46 consecutive is 7059 Ns/m,9593 Ns/m and12079 Ns/m. HMRSA damping value means viii getting bigger due to the increasingly the oil condensed used. The biggest generator power HMRSA to all use of oil occured during excitation frequency 1,7 Hz. Magnitude of generator power in the use of oil of ISO VG 10, ISO VG 32 and ISO VG 46 consecutive is 2,333 watt, 1,92 watt and 1,581 watt, where the greatest generator generated power at a time when the use of oil of ISO VG 10.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.112 72 Bud s
Uncontrolled Keywords: Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber, Viscosity, Dynamic Response
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:01
Last Modified: 05 Nov 2018 07:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59933

Actions (login required)

View Item View Item