Analisis Penerapan Jaringan Lintas Angkutan Barang Di Propinsi Jawa Timur (Studi Kasus : Ex Karisidenan Bojonegoro)

Sukarno, Bambang (2006) Analisis Penerapan Jaringan Lintas Angkutan Barang Di Propinsi Jawa Timur (Studi Kasus : Ex Karisidenan Bojonegoro). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9101206613-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
9101206613-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Lamongan yang berada di pantai utara Jawa Timur, merupakan daerah yang sedang berkembang sehingga kebutuhan transportasi masyarakatnya juga sangat berkembang. Hal ini ditandai dengan perkembangan perekonomian di daerah tersebut dan timbulnya sentra - sentra ekonomi baru yang pada akhirnya juga membutuhkan pelayanan angkutan barang yang memadai. Seiring dengan perkembangan ekonomi di daerah tersebut guna lebih memudahkan pengaturan dan pengawasan, serta guna lebih menjamin pelayanan angkutan barang, maka dipandang perlu untuk dilakukan analisis penerapan jaringan lintas angkutan barang di daerah tersebut sebagaimana amanat peraturan perundangan yang berlaku. Dimana pada saat ini belum pernah dilakukan analisis penerapan jaringan lintas angkutan barang di Propinsi Jawa Timur.
Langkah - langkah yang dilakukan dalam analisa studi ini adalah melakukan pendataan kondisi saat ini baik primer yang meliputi kegiatan survey lokasi potensi angkutan barang, pergerakan angkutan barang dan rute angkutan barang serta kondisi prasarana jalan maupun pendataan sekunder yang meliputi kegiatan studi pustaka peraturan penindangan, potensi daerah (RTRW), data jaringan kelas jalan serta data pertumbuhan PDRB Propinsi dan Kabupaten, guna dijadikan bahan pertimbangan dalam penetapan jaringan lintas angkutan barang.
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan potensi total bangkitan dan tarikan perjalanan di wilayah studi di prakirakan pada tahun 2010 mencapai 2.590 perjalanan kendaraan /hari, dengan asal perjalanan tertinggi adalah Surabaya sebanyak 810 perjalanan kendaraan / hari, dan tarikan perjalanan sebesar 723 perjalanan kendaraan/hari. Dengan mempertimbangkan kebutuhan angkutan, kelas ialan tingkat keselamatan anekutan. tinykat nelavanan ialan. tersedianya terminal

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 388 Suk a
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:35
Last Modified: 19 Nov 2018 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59973

Actions (login required)

View Item View Item