Rancangan Perbaikan Berdasarkan Evaluasi Kesuksesan Implementasi Aplikasi Loan Origination System (Studi Kasus : Bank Tabungan Negara) - Improvement Plan Based On Successful Implementation Evaluation Of Loan Origination System (Case Study: Bank Tabungan Negara)

Astuti, Revy Febri (2015) Rancangan Perbaikan Berdasarkan Evaluasi Kesuksesan Implementasi Aplikasi Loan Origination System (Studi Kasus : Bank Tabungan Negara) - Improvement Plan Based On Successful Implementation Evaluation Of Loan Origination System (Case Study: Bank Tabungan Negara). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100119-Undergraduated-Thesis.pdf]
Preview
Text
5211100119-Undergraduated-Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Tabungan Negara (Bank BTN) merupakan Badan
Usaha Milik Negara yang berbentuk perseroan terbatas dan
bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Salah satu
kegiatan bank yang mengalami pertumbuhan adalah
menyalurkan dana (lending) kepada pihak yang membutuhkan
dana. Bank BTN adalah salah satu bank umum yang memiliki
core business dalam kegiatan penyediaan kredit, khususnya
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Bank BTN memiliki
pengembangan sebuah aplikasi berbasis workflow untuk
melakukan proses persetujuan permohonan aplikasi kredit yang
bernama LOS (Loan Origination System).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi kesuksesan implementasi LOS (Loan Origination
System) dan menyusun perencanaan strategi peningkatan
layanan. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktorfaktor
kesuksesan implementasi adalah menggunakan faktor
kesuksesan dari ISSM (Information System Success Model).
Untuk proses analisis data responden menggunakan alat bantu
SPSS dan untuk analisis hipotesis menggunakan metode SEM GSCA. Sedangkan penyusunan strategi dengan menyusun
dokumen service improvement plan.
Hasil penelitian ini dapat dikatakan memiliki tingkat
keakuratan yang cukup tinggi karena responden yang mengisi
adalah seluruh user yang menggunakan LOS (Loan Origination
System). Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 79
responden. Hasil penelitian ini diketahui nilai model penelitian
cukup baik dengan nilai 56,4% dan enam hipotesis penelitian
yang diterima. Hasil penelitian ini adalah jika kualitas informasi
dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat menggunakan dan kepuasan pengguna, minat
menggunakan dan kepuasan pengguna berpengaruh positif dan
signifikan terhadap manfaat. Selain itu, hasil tugas akhir ini
mendapatkan beberapa indikator yang perlu ditingkatkan untuk
mencapai kesuksesan yang lebih lagi, yaitu: indikator
accessability.
============================================================
Bank Tabungan Negara (BTN) is the State-Owned
Entrerproses in the form of a limited liability company and
engaged in the banking and financial services. One of the
activities if banks that growth is lending to those inneed of funds.
BTN is a commercial bank that has its core business in the
provision of credit activity, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).
BTN has the development of a workflow-based application to
approval credit process called LOS (Loan Origination System).
This research aims to identify the factors that affect the
successful implementation of LOS (Loan Origination System) and
planning strategies for improve services. The method used to
analyze the factors of successful implementation is to use the
success factors is ISSM (Information System Success Model). For
the analysis of responden data using SPSS and tools for analysis
of hypotheses using SEM-GSCA. While service improvement plan
is applied to accomodare strategy to improve service of LOS
(Loan Origination System).
The results of this research can be said to have a fairly high
degree accuracy because responden who fills are all users who
use the LOS (Loan Origination System). The number of respondents in this research were 79 respondents. The result of
tis research note is quite good value research model with values
of 56,7% and six research hypotheses are accepted. The result of
this research is show that Information Quality and Service
Quality have significant positive influence Intention of Use and
User Satisfaction, Intention of Use and User Satisfaction have
significant positive influence on the Net Benefits. In addition, the
results of this research there is some indicators that need to be
improved to achieve even more success, such: accessability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 519.53 Ast r
Uncontrolled Keywords: Loan Origination System (LOS), Information System Succes Model (ISSM), Structural Equation Modelling (SEM), Service Improvement Plan,
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Nov 2018 06:39
Last Modified: 30 Nov 2018 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60057

Actions (login required)

View Item View Item