Rancangan Perbaikan Berdasarkan Evaluasi Kesuksesan Implementasi Aplikasi Loan Origination System (Studi Kasus : Bank Tabungan Negara) - Improvement Plan Based On Successful Implementation Evaluation Of Loan Origination System (Case Study: Bank Tabungan Negara)

Astuti, Revy Febri (2015) Rancangan Perbaikan Berdasarkan Evaluasi Kesuksesan Implementasi Aplikasi Loan Origination System (Studi Kasus : Bank Tabungan Negara) - Improvement Plan Based On Successful Implementation Evaluation Of Loan Origination System (Case Study: Bank Tabungan Negara). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100119-Undergraduated-Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Tabungan Negara (Bank BTN) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Salah satu kegiatan bank yang mengalami pertumbuhan adalah menyalurkan dana (lending) kepada pihak yang membutuhkan dana. Bank BTN adalah salah satu bank umum yang memiliki core business dalam kegiatan penyediaan kredit, khususnya Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Bank BTN memiliki pengembangan sebuah aplikasi berbasis workflow untuk melakukan proses persetujuan permohonan aplikasi kredit yang bernama LOS (Loan Origination System). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan implementasi LOS (Loan Origination System) dan menyusun perencanaan strategi peningkatan layanan. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktorfaktor kesuksesan implementasi adalah menggunakan faktor kesuksesan dari ISSM (Information System Success Model). Untuk proses analisis data responden menggunakan alat bantu SPSS dan untuk analisis hipotesis menggunakan metode SEM GSCA. Sedangkan penyusunan strategi dengan menyusun dokumen service improvement plan. Hasil penelitian ini dapat dikatakan memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi karena responden yang mengisi adalah seluruh user yang menggunakan LOS (Loan Origination System). Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 79 responden. Hasil penelitian ini diketahui nilai model penelitian cukup baik dengan nilai 56,4% dan enam hipotesis penelitian yang diterima. Hasil penelitian ini adalah jika kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dan kepuasan pengguna, minat menggunakan dan kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat. Selain itu, hasil tugas akhir ini mendapatkan beberapa indikator yang perlu ditingkatkan untuk mencapai kesuksesan yang lebih lagi, yaitu: indikator accessability. ============================================================ Bank Tabungan Negara (BTN) is the State-Owned Entrerproses in the form of a limited liability company and engaged in the banking and financial services. One of the activities if banks that growth is lending to those inneed of funds. BTN is a commercial bank that has its core business in the provision of credit activity, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). BTN has the development of a workflow-based application to approval credit process called LOS (Loan Origination System). This research aims to identify the factors that affect the successful implementation of LOS (Loan Origination System) and planning strategies for improve services. The method used to analyze the factors of successful implementation is to use the success factors is ISSM (Information System Success Model). For the analysis of responden data using SPSS and tools for analysis of hypotheses using SEM-GSCA. While service improvement plan is applied to accomodare strategy to improve service of LOS (Loan Origination System). The results of this research can be said to have a fairly high degree accuracy because responden who fills are all users who use the LOS (Loan Origination System). The number of respondents in this research were 79 respondents. The result of tis research note is quite good value research model with values of 56,7% and six research hypotheses are accepted. The result of this research is show that Information Quality and Service Quality have significant positive influence Intention of Use and User Satisfaction, Intention of Use and User Satisfaction have significant positive influence on the Net Benefits. In addition, the results of this research there is some indicators that need to be improved to achieve even more success, such: accessability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 519.53 Ast r
Uncontrolled Keywords: Loan Origination System (LOS), Information System Succes Model (ISSM), Structural Equation Modelling (SEM), Service Improvement Plan,
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Nov 2018 06:39
Last Modified: 30 Nov 2018 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60057

Actions (login required)

View Item View Item