Analisis Positioning Pasta Gigi Merek “SIWAK F HERBAL” Terhadap Beberapa Merek Pesaing Studi Kasus Di Kelurahan Keputih Surabaya

Amin, Muhammad Khoirul (2015) Analisis Positioning Pasta Gigi Merek “SIWAK F HERBAL” Terhadap Beberapa Merek Pesaing Studi Kasus Di Kelurahan Keputih Surabaya. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312030073-Non Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasta gigi merupakan produk yang menjadi andalan konsumen untuk memelihara kesehatan serta kebersihan mulut dan gigi. Indonesia merupakan Negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama islam. Hal tersebut yang menjadikan peluang pasar bagi PT Miswak Utama untuk mengeluarkan produk pasta gigi yaitu “Siwak F Herbal” yang merupakan produk pasta gigi siwak pertama dan satu-satunya di Indonesia. Namun di Indonesia terdapat 4 merek pasta gigi yang menjadi top brand di tahun 2014 diantarannya Pepsodent, Ciptadent, Close up, dan Formula. Oleh karena itu pada penelitian ini ingin mengetahui posisi dari pasta gigi merek Siwak F Herbal terhadap ke-4 merek pasta gigi yang masuk dalam kategori top brand tersebut menggunakan analisis positioning. Salah satu metode untuk mendapatkan peta posisi suatu atribut/merek terhadap variabel adalah analisis biplot. Sehingga dengan melihat secara visual dari peta posisi, akan dapat dilihat kedekatan antara variabel-variabel atribut positioning terhadap tiap merek pasta gigi yang di analisis. Dari analisis biplot diperoleh bahwa PT.Miswak harus lebih meningkatkan atribut harga, mudah didapat,merek terkenal dan iklan menarik. Hasil analisis thurstone diperoleh bahwa konsumen pasta gigi lebih memilih keamanan dan kualitas jika dibandingkan dengan harga. Hal tersebut dapat diketahui dari faktor harga yang terjangkau berada di urutan ke delapan. ===================================================================================================== Toothpaste is a product that is a mainstay of consumers to maintain health and hygiene of the mouth and teeth. Indonesia is a country that the majority of the population is Moslem. This is what makes a market opportunity for PT Miswak Main to remove toothpaste products is " Siwak F Herbal" which is a product of toothpaste Siwak first and the only one in Indonesia. But in Indonesia there are four brands of toothpaste which became a top brand in 2014 including Pepsodent, Ciptadent, Close up, and Formula. Therefore, in this study wanted to know the position of the toothpaste Siwak-F Herbal brand to all 4 toothpaste brands that fall into the category of top brand positioning analysis. One method to obtain a map of the position of an attribute / brand to variable is biplot analysis. So that the visual look of the map position, will be able to see the closeness between the variables positioning attributes to each brand of toothpaste in the analysis. Of biplot analysis shows that PT.Miswak should further improve the attributes of price, easily accessible, well-known brand and attract advertising. Thurstone Test results showed that consumers prefer toothpaste safety and quality when compared to the price. It can be known from the factor at an affordable price was at number eight. ==========

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.535 Ami a
Uncontrolled Keywords: Biplot, Pasta Gigi, Positioning, Thurstone
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:40
Last Modified: 03 Dec 2018 04:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

View Item View Item