Yandaka, Roni (2018) Pengembangan Dan Analisis Karakteristik Hydro-Magneto-Electric Regenerative Shock Absorber (HMERSA) Dengan Dua Generator Hidraulis Terpasang Seri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2113100151-Undergraduate_Thesis.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
The official U.S. government source for fuel economy information meyatakan, hanya sekitar 14%-30% energi yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan dan sisanya terbuang begitu saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti dari MIT telah mengembangkan shock absorber menjadi Regenerative Shock Absorber (RSA). Beberapa peneliti dari Teknik Mesin ITS juga telah mengembangkan salah satu jenis RSA, yaitu Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMERSA). Pengembangan tersebut meliputi pemodelan dan analisis pengaruh variasi tekanan awal akumulator terhadap respon dinamis dan energi bangkitan pada sistem Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA).
Tugas akhir ini akan mengembangkan sistem RSA dengan maksud menyederhanakan sistem HMRSA dan menghasilkan energi bangkitan yang lebih maksimal. Nama alat pada tugas akhir ini adalah Hydro Magneto Electric Regenerative Shock Absorber (HMERSA) karena terdapat perubahan pada sistem motor dan generatornya. Sistem HMERSA tersebut diaplikasikan pada model seperempat kendaraan. Pemakaian dua generator hidraulis terpasang seri menjadi komponen penting untuk menggantikan motor hidraulis dan generator yang terpisah pada penelitian sebelumnya. Dengan dimensi yang lebih kecil dan menggabungkan blade motor dengan generator menjadi satu poros, membuat losses yang terjadi antara motor dan generator hilang dan menghemat tempat. Check valve digunakan pada setiap pipa yang terhubung dengan silinder shock absorber agar aliran fluida yang masuk ke dalam generator hidraulis menjadi searah. Simulasi sistem HMERSA seperempat kendaraan menggunakan software MATLAB Simulink. Grafik yang diperoleh adalah grafik gaya redam terhadap perpindahan dan kecepatan bergeraknya shock absorber. Perancangan dan dimensi HMERSA berdasarkan kesesuaian dari grafik gaya redam antara Conventional Shock Absorber dan HMERSA. Input yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah bump modified. Pengujian menggunakan kendaraan angkutan barang jenis Pick-up. Pengujian pada kendaraan angkut dilakukan dengan variasi kecepatan 10 km/jam, 15 km/jam, dan 20 km/jam. Grafik respon percepatan yang dihasilkan dibandingkan antara Conventional Shock Absorber dengan HMERSA.
Hasil simulasi menunjukkan nilai gaya redam terbesar ada pada sistem HMERSA pada setiap kecepatan yang di input. Sistem HMERSA yang lebih sederhana, dan memakai dua generator seri dapat mengurangi losses pada pipa dan menghasilkan energi listrik (kWh) bangkitan yang lebih besar dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin besar kecepatan kendaraan saat melewati bump berakibat pada naiknya respon percepatan dan meningkatnya energi bangkitan yang mampu dihasilkan sistem HMERSA. Nilai tegangan bangkitan terbesar yang dapat dihasilkan generator saat pengujian adalah 13.51 V.
===============================================================================================
The official U.S government source for fuel economy information declared only about 14%-30% energy which is used to drive the vehicle than the rest is wasted. MIT has developed shock absorber to Regenerative Shock Absorber (RSA) to resolved the issue. Some researcher of ITS Mechanical Engineering had developed one of type RSA that is Hydraulic Motor Regenerative Shock Aborber (HMRSA). Development is about modeling and analyzing variation influence of starting pressure in accumulator on dynamic response and energy generation in Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA) system.
The purpose of this final project is to develop RSA system get simple, also to produce much more energy generation. This instrument named Hydro Magneto Electric Regenerative Shock Absorber (HMERSA) caused by changed of motor and generator components. HMERSA system applied to a quarter car model. Used of two series hydraulic generator be important component to replace separate hydraulic motor and generator in previous research. Smaller dimension and integrate motor blade with generator in one axis makes it have no losses and save space. Check valve used on each connected pipe with cylinder of shock absorber in order that fluid flow into hydraulic generator becomes one way. Simulation of quarter car HMERSA system used MATLAB Simulink software. The output is graph of damping force to displacement and speed of shock absorber. Designing and dimension of HMERSA was based on conformity of damping force graph between Conventional Shock Absorber and HMERSA. This final project used bump input. The vehicle used for the testing is a freight vehicle, which is Suzuki Carry pick-up. The test is conducted with the vehicle velocity of 10 km/h, 15 km/h, and 20 km/h. Then result of acceleration response will be compared between Conventional Shock Absorber and HMERSA.
The simulation result showed HMERSA system has the higher damping force value than Conventional Shock Absorber on each velocity variation. The more efficient HMERSA with series of generators can reduce losses on pipe and produce more electrical energy (kWh) generation than previous research. This research prove that higher velocity of the vehicle results shown higher acceleration response of shock absorber and increased energy generation produce by HMERSA system. The highest voltage output can be produce by generator 1 during the experiment is 13.51 V at 20 km/h.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.243 Yan p-1 2018 |
Uncontrolled Keywords: | Regenerative Shock Absorber (RSA), karakteristik gaya redam kendaraan, model dinamis, gaya redam, daya listrik bangkitan |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | YANDAKA RONI |
Date Deposited: | 31 May 2021 10:14 |
Last Modified: | 31 May 2021 10:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/60154 |
Actions (login required)
View Item |