Analisis Kekuatan V-Core Sandwich Panel pada Geladak Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga

Febriani, Hilda Dwi (2019) Analisis Kekuatan V-Core Sandwich Panel pada Geladak Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111440000051_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04111440000051_Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, diharapkan teknologi saat ini mampu untuk menciptakan kapal yang cepat, ringan dan dapat mengangkut muatan dalam jumlah besar dengan tingkat keselamatan yang tinggi saat berlayar maupun bersandar. Kriteria tersebut dapat dicapai dengan melakukan inovasi pada bagian konstruksi dengan mengembangkan pelat yang dapat dipasang di kapal seperti geladak yang akan analisa pada penelitian ini tanpa perlu menggunakan penegar yaitu sandwich panel. Penggunaan sandwich panel pada geladak kapal tentunya perlu memperhatikan aspek keamanan untuk memastikan kekuatan struktur geladak mampu bertahan dikenai beban. Sehingga kekuatan geladak dengan v-core sandwich panel dapat dicek dengan finite elemen method. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah mencari v-core sandwich panel yang paling optimal dilihat dari segi tegangan, deformasi dan berat konstruksi jika dibandingkan dengan geladak berpenegar. Terdapat 3 model v-core sandwich panel yang dibedakan dari ketinggian core-nya. Model 1 memiliki tinggi core 110 mm, model 2 memiliki tinggi core 55 mm dan model 3 memiliki ketinggian core 220 mm. Ketiga model tersebut memiliki variasi ketebalan yang sama yang dibagi lagi menjadi variasi A sampai dengan variasi F. Variasi A dan Variasi D memiliki variasi ketebalan face dan core yang sama yaitu dari tebal 1 mm sampai 6 mm. Variasi B, variasi C, variasi E dan variasi F memiliki variasi ketebalan face dan core yang berbeda-beda. Hasil percobaan didapatkan desain v-core sandwich panel yang paling optimal adalah desain pada model 1 dengan tinggi core 110 mm, ketebalan face 5 mm, ketebalan core 5 mm, jarak antar core 62 mm dan lebar core 120 mm dengan besar tegangan yaitu 44,8 Mpa dimana nilai ini sudah kurang dari tegangan izin dan kurang dari tegangan pelat berpenegar dengan besar deformasi 3,921 mm dan berat 28, 5827 ton.
==========================================================================Along with the time, current technology is expected be able to created vessel that are fast, lightweight and can carry loads in large quantities with high level of security. That criteria can be achieved by innovating the constrution part by developing plate that can be installed on the ship like on deck that will be analyzed in this study without stiffener called sandwich panel. The use of sandwich panels on the deck certainly needs more attention to the security aspects to ensure the strength of the structure is able to withstand the load. Finite element method is used to check strength of v-core sandwich panel. Analysis that carried out in this research is to find the most optimal v-core sandwich panel in terms of stress, deformation and weight of the construction when compared to an ordinary deck. There are three models of v-core sandwich panel that distinguished by height of the core. Model one has a 110 mm core height, model two has a 55 mm core height and model three has a 220 mm core height. All of that models have same thickness variation which is distinguished into variation A to F. Variation A and Variation E has the same face and core thickness from 1 mm to 6 mm. Variation B, variation C, variation E and variation F have different face and core thickness. As the result of the experiment, the most optimal design of the v-core sandwich panel is design of model one with a 110 mm core height, 5 mm face thickness, 5 mm core thickness, 62 mm distance between cores and 120 mm width of the core. The maximum stress of model one is 44,8 Mpa where this result is less than permissible stress and less than stress of the stiffener deck. The maxsimum deformation of v-core sandwich panel model one is 3,921 mm and the weight 28,5827 tons.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.829 Feb a
Uncontrolled Keywords: v-core, sanwich panel, tegangan, deformasi, berat
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hilda Dwi Febriani
Date Deposited: 25 May 2021 03:31
Last Modified: 25 May 2021 03:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60167

Actions (login required)

View Item View Item