Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru

Rintaningrum, Ratna Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN.

[img] Text
SEMNAS UNJOYO Proceeding Seminar Nasional Mengapa Guru Tidak Menulis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy

Abstract

Sudah menjadi pendapat umum, atau bahkan sebuah realita bahwa menulis bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah, walaupun itu dilakukan dalam bahasa nasional si penulis. Realita ini dialami oleh hampir semua orang yang bekerja dalam bidang pendidikan, misalnya guru. Seiring tugasnya sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk mampu menghasilkan karya-karya ilmiah mulai tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Kalau sebuah pertanyaan diangkat “berapa banyak guru-guru Indonesia yang sudah menghasilkan karya ilmiah atau menulis artikel di surat kabar atau jurnal?” Jawabannya adalah tidak banyak. Pertanyaan lain adalah “berapa banyak guru-guru Indonesia yang sudah mempresentasikan hasil karyanya di seminar-seminar tingkat local atau nasional?” Sebuah pertanyaan lagi adalah “berapa banyak karya ilmiah yang sudah dihasilkan oleh guru-guru Sekolah Dasar?” Pertanyaan-pertanyaan diatas bersifat „open to answer‟ oleh siapa pun. Paper ini mendiskusikan perspektif guru dalam menulis karya ilmiah, karya ilmiah apa saja yang sudah pernah dihasilkan oleh guru, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Studi ini melibatkan 55 guru se kecamatan Rungkut Surabaya. Partisipan adalah peserta workshop penulisan karya tulis ilmiah. Diharapkan paper ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan profesionalitas guru dalam menulis karya ilmiah, yang akhirnya guru akan mampu bersaing dalam tataran masyarakat yang lebih luas.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Jan 2019 08:59
Last Modified: 16 Jan 2019 08:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60208

Actions (login required)

View Item View Item