POLA PENYEBARAN DAN PENGELOMPOKAN PADA PENDERITA PENYAKIT MENULAR BERDASARKAN KECAMATAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2014 MENGGUNAKAN ANALISIS KORESPONDENSI DAN ANALISIS CLUSTER

NURJANAH, PUTRI YANA (2016) POLA PENYEBARAN DAN PENGELOMPOKAN PADA PENDERITA PENYAKIT MENULAR BERDASARKAN KECAMATAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2014 MENGGUNAKAN ANALISIS KORESPONDENSI DAN ANALISIS CLUSTER. In: Final Assignment, DEPARTMENT OF STATISTICS Faculty of Mathematics and Natural Science.

[img] Text
1312030021-Presentation.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penyakit menular masih menjadi masalah utama kesehatan mayarakat di Indonesia dan masih sering timbul sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa) yang menyebabkan kematian bagi penderitanya. Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat bagi setiap orang agar terbentuk kesehatan masyarakat yang optimal. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang menyumbangkan persentase cukup besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dalam sektor industri. Sektor ini menyumbang sekitar 14,37 persen terhadap PDRB Kota Probolinggo. Oleh karenanya akan dilakukan penelitian terhadap penyebaran penyakit menular berdasarkan kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo tahun 2014 dengan analisis korespondensi. Sumber data sekunder yang digunakan berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Hasil analisis korespondensi menunjukkan peyebaran penyakit polio dan campak di Kabupaten Probolinggo relatif memiliki kecenderungan hampir ke semua kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo namun kecamatan yang memiliki kecenderungan lebih erat terhadap penyakit polio adalah Kecamatan Gending dan Leces. Sedangkan hasil analisis cluster menunjukkan bahwa terdapat tiga cluster yang terbentuk.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Additional Information: RSSt 519.537 Nur p
Uncontrolled Keywords: Analisis Cluster, Analisis Korespondensi, Kabupaten Proboloinggo, Penyakit Menular
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: PUTRI YANA NURJANAH
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:40
Last Modified: 27 Dec 2018 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item