Sanif, Amiennuddin (2019) Analisis Concrete Crushing dan Lay Curve Radius Pada Pipeline saat Instalasi Dengan Metode S-Lay. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4315100038-Undergraduate_Theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan pipa bawah laut atau subsea pipeline dalam alat transportasi minyak dan gas bumi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Perkembangan dan inovasi yang diterapkan dalam subsea pipeline menjanjikan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan alat transportasi minyak dan gas bumi lainnya. Sebelum digunakan sebagai alat transportasi, subsea pipeline melewati tahap perancangan dan perencanaan. Dalam tahapan tersebut ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, di antaranya adalah metode instalasi, material dan lokasi pemasangan. Dalam proses instalasi perlu adanya analisis mengenai regangan dan tegangan yang terjadi pada subsea pipeline, karena dua hal ini penyebab umum terjadinya kegagalan. Regangan yang sangat tinggi dapat menyebabkan terjadinya kegagalan berupa crushing pada lapisan concrete. Concrete crushing merupakan kondisi dimana concrete coating mengalami kerusakan akibat regangan yang melebihi batas. Kegagalan lain yang mungkin terjadi adalah lateral sliding pada subsea pipeline dan terjadi perpindahan rute dari yang telah ditentukan. Hal ini dapat terjadi apabila lay curve radius tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Lay curve radius adalah jari-jari kelengkungan minimum yang terbentuk pada daerah sagbend dan dipengaruhi oleh besarnya gesekan subsea pipeline dengan dasar laut. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa pipeline tidak mengalami concrete crushing. Dengan nilai regangan maksimum yang terjadi untuk kasus 1 regangan maksimum yang terjadi adalah 0.143%, kasus 2 sebesar 0.143% dan kasus 3 sebesar 0.144%. Sedangkan panjang minimum pipe laying curve yang diperlukan pipeline untuk kasus 1 minimum panjang 1249 m, kasus 2 minimum panjang 1247 m dan kasus 3 minimum panjang 1249 m.
===============================================================================================
The use of subsesa pipelines for oil and gas transportation equipment is increasing from time to time. The developments and innovations applied in subsea pipelines promise a higher increase compared to other oil and gas transportation equipment. Before being used as a means of transportation, subsea pipeline need to be designed and planned. In this stage there are many factors that must be considered, including the installation method, material and site installation. In the installation process there needs to be an analysis of strain and streess that occurs in the subsea pipeline, because these two things are common causes of failure. Very high strain can cause failure in the form of crushing on the concrete layer. Concrete crushing is a condition where cocnrete coating is damaged duet o strain that exceeds the limit. Another possible failure is the lateral sliding of the subsea pipeline and the displacement of the route has been determined. This can happen if the lay curve radius does not meet the specified criteria from the rules. Lay curve radius is the radius of minimum curvature formed in the sagbend area andi s influenced by the friction of the subsea pipeline with the seabed. From the analysis tha have been done, its shows that the subsesa pipeline does not run into concrete crushing. With the maximum strain value that occurs for each case is case 1 is 0.143%, case 2 is 0.143% and case 3 is 0.144%. And for another analysis about laying curve radius. It shown that minimum length of the subsea pipeline curves that needed by the pipeline for each case is case 1 is 1249 meters, case 2 is 1247 meters and case 3 is 1249 meters.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 665.554 San a-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | concrete crushing, laying curve radius, regangan overbend, radius sagbend |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.5 Petroleum pipelines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Amiennuddin Sanif |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 01:04 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 01:08 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/60415 |
Actions (login required)
View Item |