Pengaruh Kecepatan Putaran Pada Aluminium Matrix Composite Produk Pengecoran Sentrifugal

Andari, Galih Ajeng Siti (2019) Pengaruh Kecepatan Putaran Pada Aluminium Matrix Composite Produk Pengecoran Sentrifugal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000040-Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
02111340000040-Undergraduate_theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada era teknologi yang semakin maju, manusia terus berusaha menemukan material baru yang memiliki sifat-sifat unggul, contohnya material komposit. Aluminium matrix composite (AMC) merupakan salah satu dari jenis klasifikasi komposit dengan menggunakan logam aluminium sebagai matriks penyusunnya. Salah satu aplikasi AMC adalah silinder ruang bakar (cylinder liner) yang berfungsi sebagai tempat bercampurnya bahan bakar dan udara Agar tidak terjadi kebocoran yang disebabkan oleh gesekan antara ring piston dan dinding cylinder liner, maka diperlukan dinding cylinder liner yang mempunyai nilai kekerasan yang tinggi serta nilai keausan yang rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pada AMC dengan menggunakan metode centrifugal casting untuk mengetahui nilai kekerasan, nilai laju keausan serta struktur mikro yang terbentuk.
Penelitian ini dilakukan menggunakan material aluminium sebagai matriks dan Al2O3 (alumina) sebagai penguat (reinforcement). Proses peleburan aluminium dan pengadukan dengan penambahan partikel penguat Al2O3 (alumina) dilakukan pada suhu 900oC. Pengadukan dilakukan selama 15 menit lalu aluminium dan alumina yang telah bercampur dituang ke dalam pengecoran sentrifugal yang diputar dengan beberapa variasi kecepatan putaran yaitu 1000, 1500, 2000, dan 2500 rpm. Setelah itu dilakukan pengujian yaitu pengujian kekerasan, keausan dan metalografi untuk dianalisa mikrostruktur beserta cacat coran yang timbul. Setelah itu material spesimen hasil pengecoran dibandingkan sifat serta struktur mikronya dengan cylinder liner yang dijual dipasaran.
Hasil yang didapatkan adalah variasi kecepatan putaran pengecoran sentrifugal berpengaruh terhadap nilai kekerasan material AMC dimana semakin besar kecepatan putaran yang diaplikasikan maka nilai kekerasan yang dihasilkan semakin meningkat begitupula dengan nilai laju keausan dihasilkan, dimana nilai laju keausan menurun seiring dengan bertambahnya kecepatan putaran. Selain itu terlihat cacat coran seperti porositas, inklusi, dan penyusutan (shrinkage) pada produk coran. Cacat porositas berkurang seiring dengan meningkatnya kecepatan putaran yang diaplikasikan.
================================================================================================
In the advanced technology era, humans continue to invent new materials that have superior properties. Aluminium matrix composite (AMC) is one of the types of composite classifications using aluminium as its constituent matrix. One of the important engine parts in the automotive field is the cylinder liner, which is the part that functions as a mixture of fuel and air. In order to avoid leakage caused by friction between the piston ring and cylinder liner wall, a cylinder liner wall that has a high hardness value and low wear value is needed.
In this centrifugal casting method, the reinforcing material Al2O3 (alumina) is put into molten aluminum, then stirred until the reinforcing material is mixed with molten aluminum. The process of melting aluminum and stirring with the addition of Al2O3 (alumina) reinforcing particles was carried out at 900oC. Stirring is carried out for 15 minutes then the mixture of aluminum and alumina is poured into centrifugal casting which is rotated with several variations of rpm speed, namely 1000, 1500, 2000, and 2500 rpm. Tests carried out were hardness, wear test and metallographic testing. In addition, the casting material specimens are compared to the properties and microstructure of the cylinder liner sold in the market.
The results obtained are variations in the rotational speed of centrifugal casting not significantly affect the hardness of AMC material which the greater the rotational speed is applied, the value of the resulting hardness increases as well as the wear rate which the wear rate decreases with increasing rotational speed. If the wear rate decreases, the wear resistance is getting better. There are also some catsinf defects that arised such as porosity, inclusions and a minor shrinkage. Porosity decreses when the greater rotational speed applied
Keywords: Metal Matrix Composite, Al2O3 , Centrifugal Casting, Hardness test, Wear Test, Casting Defects, Microstructure.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.118 And p-1 2109
Uncontrolled Keywords: Metal Matrix Composite, Al2O3 , Centrifugal Casting, Uji Kekerasan, Uji Keausan, Cacat Coran, Mikrosturktur
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL240.5 Composite materials
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Galih Ajeng Siti Andari
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:00
Last Modified: 13 Jul 2021 06:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60902

Actions (login required)

View Item View Item