Modifikasi Desain Jembatan Tol Porong-Gempol Kabupaten Sidoarjo pada STA 40+482 – STA 40+692 dengan Sistem Jembatan Busur Baja dan Metode Pelaksanaannya

Faza, Afuza (2019) Modifikasi Desain Jembatan Tol Porong-Gempol Kabupaten Sidoarjo pada STA 40+482 – STA 40+692 dengan Sistem Jembatan Busur Baja dan Metode Pelaksanaannya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000036 - Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000036 - Undergraduate_Theses.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Jembatan Tol Porong-Gempol merupakan jembatan yang merupakan bagian dari Tol Porong-Gempol yang melintasi sungai porong sepanjang 210 m. Jembatan ini merupakan hasil Proyek Pekerjaan Relokasi Jalan Tol Surabaya-Gempol Ruas Porong-Gempol sepanjang total 6 km yang disebabkan oleh peristiwa luapan Lumpur Lapindo. Pada perencanaannya jembatan Tol Porong-Gempol tersebut menggunakan jembatan beton prategang sehingga pada bagian sungai terdapat lima segmen pilar jembatan di sungai porong yang berdekatan yang akan menyebabkan terganggunya aliran sungai karena semakin banyaknya pilar yang terdapat pada sungai. Oleh karena hal tersebut penulis ingin memodifikasi Jembatan Tol Porong-Gempol dari jembatan beton prategang menjadi jembatan busur, dikarenakan struktur busur memiliki kemampuan untuk menopang struktur dengan bentang yang lebih panjang dan jembatan busur juga memiliki nilai etetika lebih.
Pada perencanaan modifikasi jembatan ini memiliki bentang sepanjang 210 m serta tinggi 40.50 m. Tugas Akhir Terapan ini mengacu pada Standar Naisonal Indonesia (SNI) 1725-2016, SNI T-03-2005, Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa RSNI 2833-2016 (Jembatan) dan AISC 2016.dengan Program Bantu SAP2000 dalam menganalisa gaya yang bekerja pada jembatan. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan perhitungan preliminary desain, analisa pemebebanan, perencanaan bangunan atas, perencanaan bangunan bawah dan perhitunngan kekuatan dan stabilitas sesuai dengan peraturan-peraturan tersebut. Dari hasil analisa didapatkan profil yang digunakan untuk struktur busur atas menggunakan profil 900.900.40 dan struktur busur bawah menggunakan profil 1100.900.40, kebutuhan tiang pancang pada jembatan ini 66 bauh tiang pancang dengan dimensi 0.6 m. Dibahas juga mengenai metode pelaksanaan jembatan busur yang direncanakan menggunakan metode balance cantilever dalam pemasangan struktur rangka busur. Hasil seluruh perhitungan Tugas Akhir Terapan ini ditungkan dalam bentuk gambar Teknik.
================================================================================================
Porong-Gempol Toll Bridge is a bridge part Porong-Gempol Toll located in Sidoarjo. The existing Porong-Gempol Toll Bridge across Porong River and span 210 meters long using prestressed concrete bridge system. Porong-Gempol Toll Bridge is the result of Road Relocation Project for the Porong-Gempol due to the Lapindo Mudflow incident. The existing Porong-Gempol Toll Bridge lower structure were supported by five abutment using driven pile as the main structural foundation. This kind of structural cause disruption of river flow because to many abutment on the river. Therefore, the writer wants to modify Porong-Gempol Toll Bridge from a prestressed concrete bridge to an Arch Steel Bridge because the Arch Steel Bridge has ability to support structure with longer spans and the Arch Steel Bridge has better aesthetic value compared to another bridge.
Planning of the bridge has span of 210 meter and height 40.50 meter. This modification plan refers to Standar Naisonal Indonesia (SNI) 1725-2016, SNI T-03-2005, Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa RSNI 2833-2016 (bridge), AISC 2016 and SAP2000 as assistance program for analyzing force in the bridge. The initial methology is start from preliminary design calculation, load analysis, upper building planning, lower building planning, and the strength and stability according to these regulations. From the analysis obtained steel profile used for upper arch bridge a profile of 900,900.40 and a lower arch structure using a profile of 1100,900.40, The lower building used 66 piles with 0.6 m dimensions. Method of construction using balanced cantllever method for installation of curver frame structure. The results of all of the calculations are reflected in standart engginering drawings.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 624.22 Faz m-1 2019
Uncontrolled Keywords: Modification, Porong-Gempol Bridge, Arch-Bridge, Balanced Cantilever
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
T Technology > TG Bridge engineering > TG362 Box girder bridges--Design and construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Afuza Faza
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:21
Last Modified: 28 Jul 2021 04:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60953

Actions (login required)

View Item View Item