Modifikasi Fungsi Periode Perbaruan Node pada Routing Protocol DSDV di dalam Lingkup Jaringan VANETs

Habsari, Monica Indah (2019) Modifikasi Fungsi Periode Perbaruan Node pada Routing Protocol DSDV di dalam Lingkup Jaringan VANETs. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000060-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000060-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Vehicular Ad-hoc Networks (VANET) adalah kondisi spesial dari Mobile Ad-hoc Networks (MANET), yang mana memiliki istilah “jaringan di atas roda”. VANET adalah jaringan Ad-hoc yang dibentuk diantara kendaraan sebagaimana kebutuhan komunikasi mereka. Setiap kendaraan yang terlibat di dalam lingkup pengembangan jaringan VANET harus memiliki kemampuan transmisi dan penerimaan sinyal dengan kecepatan yang tinggi. VANET menjadi lebih menantang jika dibandingkan dengan MANET, karena VANET memiliki tingkat mobilitas node yang tinggi dan perubahan topologi yang cepat.
Destination Sequenced Distance Vector (DSDV) merupakan protokol perutean yang menggunakan algoritma Bellman-Ford untuk menghitung lintasannya. Metrik cost yang digunakan adalah hop count, yang merupakan jumlah hop yang dibutuhkan paket untuk mencapai destinasinya. DSDV merupakan protokol proaktif, sehingga mampu menjaga routing table dengan entri-entri untuk semua node di dalam jaringan, tidak hanya untuk node tetangga. Setiap perubahan akan disebarluaskan melalui mekanisme perbaruan berkala dan dengan trigger yang digunakan pada DSDV. Routing update pada DSDV dilakukan dengan dua cara, yakni full dump dan incremental. Routing update full dump dilakukan secara berkala setiap 15 detik.
Tugas akhir ini memodifikasi fungsi yang berkenaan dengan periode perbaruan node pada protokol perutean DSDV di dalam lingkup jaringan VANETs. Modifikasi fungsi ini menyesuaikan periode perbaruan node dalam routing table dengan kecepatan pengiriman paket antar node pada kendaraan. Sehingga dengan adanya modifikasi ini diharapkan performa dari protokol perutean DSDV akan menjadi lebih representatif dan mengurangi tingkat packet loss dalam tranmisi dan penerimaan paket.
Dari hasil uji coba, terbukti bahwa modifikasi yang dilakukan dapat meningkatkan nilai Packet Delivery Ratio (PDR). Rata-rata peningkatan nilai PDR pada skenario grid adalah 6,83%. Rata-rata peningkatan nilai PDR pada skenario real adalah 5,12%.
================================================================================================
Vehicular Ad-hoc Networks (VANET) is a special condition of Mobile Ad-hoc Networks (MANET), which has the term “network on wheels”. VANET is an Ad-hoc network that is formed between vehicles as their communication needs. Every vehicle involved in the scope of VANET network development must have the ability to transmit and receive signals at high speeds. VANET is more challenging compared to MANET, because VANET has high level of node mobility and rapid topology changes.
Destination Sequenced Distance Vector (DSDV) is a routing protocol that uses the Bellman-Ford algorithm to calculate its trajectory. The cost metric used is hop count, which is the number of hops needed for the package to reach its destination. DSDV is a proactive protocol, so it is able to maintain the routing table with entriesfor all nodes in the network, not only for the neighboring nodes. Each change will be disseminated through a periodic update mechanism and with a trigger used on DSDV. Routing updates on DSDV are done in two ways, called full dump and incremental. Full dump update routing is done regularly every 15 seconds.
This final assignment modifies the function with respect to the update period of the DSDV routing protocol node within the VANET network. This function modification adjust the node update period in the routing table with the speed of sending packets between nodes on the vehicle. So that with this modification it is expected that the performance of the DSDV routing protocol will become more representative and reduce packet loss rates in packet transmission and reception.
From the results of the experiments, it was proven that the modifications made could increase the value of the Packet Delivery Ratio (PDR). The average increase in PDR value in the grid scenario is 6.83%. The average increase in PDR value in the real scenario is 5.12%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 004.62 Hab m-1 2019
Uncontrolled Keywords: MANETs, VANETs, DSDV, Periode Perbaruan, Network Simulator NS2
Subjects: Q Science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.585 TCP/IP (Computer network protocol)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Monica Indah Habsari
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:56
Last Modified: 15 Jul 2021 07:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61006

Actions (login required)

View Item View Item