Perencanaan Tahapan Pekerjaan Pelapisan Ulang Perkerasan Landasan Pacu Yang Dipengaruhi Waktu Operasional Bandara (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Juanda)

., Stefanus (2019) Perencanaan Tahapan Pekerjaan Pelapisan Ulang Perkerasan Landasan Pacu Yang Dipengaruhi Waktu Operasional Bandara (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Juanda). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
03111440000092-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bandar Udara Internasional Juanda atau secara internasional disebut Juanda International Airport (JIA) yang terletak di Surabaya memiliki tingkat frekuensi penerbangan yang sangat tinggi di Indonesia. Semakin tahun, jumlah pergerakan penumpang pada Bandar Udara Internasional Juanda akan semakin meingkat. Sangat ideal, apabila Bandar Udara dapat beroperasi 24 jam. Namun saat ini, bandara tersebut tidak beroperasi 24 jam dikarenakan pelaksanaan pekerjaan pelapisan ulang perkerasan. Pekerjaan pelapisan ulang tersebut direncanakan selama 36 bulan. Lama waktu pengerjaan ini menyebabkan operasional bandara terganggu karena adanya pengurangan jam operasional untuk pelaksanaan overlay. Pengurangan jam operasional bandar udara tersebut sangat mempengaruhi tingkat pelayanan dan aktivitas penerbangan. Waktu overlay selama 36 bulan tersebut perlu dikaji ulang untuk mengetahui apakah proses pekerjaan pelapisan ulang perkerasan pada Bandar udara Internasional Juanda memerlukan waktu selama itu atau mungkin lebih. Kajian dimulai dengan mendapatkan data perencanaan tahapan pekerjaan pelapisan ulang Bandar Udara Juanda. Data lain yang diperlukan adalah pengumpulan data rencana kerja pelapisan ulang, jadwal operasional, dan historis pekerjaan pelapisan ulang pada bandar udara. Data peralatan, material, serta proses kontrol kualitas juga diperlukan dalam rangka mengestimasi waktu pelaksanaan pekerjaan. Perhitungan produktivitas pekerjaan pelapisan ulang dilakukan dengan batasan waktu pelaksanaan, yaitu dari pesawat terakhir beroperasi sampai sebelum penerbangan pertama dimulai. Hasil total perhitungan produktivitas pelapisan ulang kemudian diakumulasikan untuk mengetahui lama total pelaksanaan pekerjaan. Dari hasil analisis tugas akhir ini, didaptkan bahwa saat ini sedang dilaksanakan pekerjaan weakspot dan pekerjaan pelapisan ulang pada bandar udara Juanda. Pada satu hari opening time, pekerjaan weakspot dapat dikerjakan seluas 11,7 x 18 meter. Produktivitas yang didapatkan untuk pekerjaan pelapisan ulang adalah 7,6, 5,8, dan 3,9 meter x 45 meter untuk masing-masing pekerjaan 5cm, 6cm, dan 7cm. Waktu total yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan perbaikan weakspot adalah selama 145 hari, sedangkan untuk pekerjaan pelapisan ulang adalah 1100 hari. ================================================================ Juanda International Airport (JIA) located in Surabaya has a very high flight frequency level in Indonesia. Over the years, the number of passenger movements at Juanda International Airport will increase. It is ideal, if the airport can operate for 24 hours. But at present, the airport does not operate 24 hours due to the works of runway overlay. Runway overlay is planned for 36 months. The duration of this works causes a reduction in operating hours of airport. This problem is greatly affects the level of service and flight activity in the airport. The overlay period of 36 months needs to be reviewed to find out whether the process the works at Juanda International Airport requires that long or maybe more. The study began with obtaining the planning data for the Juanda Airport’s overlaying works. Other data needed are operational schedules, and historical works of overlaying at the airport. Data on equipment, materials, and quality control processes are also needed in order to estimate the time of execution of work. The productivity calculation of the overlaying works is limited, from the last aircraft to operate until before the first flight begins. This operational time limit will be used to calculate the resurfacing progress. The results of the productivity calculation are then accumulated to determine the total duration of work execution. From the results of the analysis of this final project, it was found that weakspot work and overlaying work at Juanda airport are currently being carried out. On one opening time, weakspot work can be done in an area of 11.7 x 18 meters. The productivity obtained for overlaying work was 7.6, 5.8, and 3.9 meters x 45 meters for each work 5cm, 6cm, and 7cm. The total time needed to do the weakspot repair work is 145 days, while for the resurfacing work is 1100 days.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Juanda International Airport Surabaya, Time Limitations, Implementation Methods, Overlay, Stage Planning
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: stefanus stefanus
Date Deposited: 07 May 2020 03:54
Last Modified: 07 May 2020 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61098

Actions (login required)

View Item View Item