Evaluasi Kesesuaian Sistim Informasi Pengadaan Barang/ Jasa Terhadap Kebutuhan Pengguna Dan Manajemen Menggunakan Kerangka Kerja Human, Organization, Technology - Fit (HOT - Fit)

Cahyono, Dwi (2019) Evaluasi Kesesuaian Sistim Informasi Pengadaan Barang/ Jasa Terhadap Kebutuhan Pengguna Dan Manajemen Menggunakan Kerangka Kerja Human, Organization, Technology - Fit (HOT - Fit). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650055002-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650055002-Master Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://mmt.its.ac.id

Abstract

Sistim Informasi Manajemen (SIM) dalam institusi pemerintah menjadi hal yang sangat vital dalam menunjang kelancaran pelayanan kepada masyarakat. SIM yang dibangun seringkali tidak dapat memberikan manfaat yang maksimal karena pembangunan SIM tersebut tidak melalui tahap perencanaan yang matang dan tidak didukung oleh masterplan TI yang jelas sehingga diperlukan evaluasi terhadap penerapan SIM tersebut terutama dari 3 (tiga) aspek utama yaitu aspek Manusia (Human), Organisasi (Organization) dan Teknologi (Technology).
ULP Kota Malang memiliki SIM pengadaan barang/ jasa yang diberi nama siBaja yang telah dibangun sejak tahun 2016 dan belum pernah dilakukan evaluasi kesesuaian tersebut. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi kesesuaian sistim informasi pengadaan barang/jasa (SiBaja) terhadap kebutuhan pengguna dan manajemen menggunakan kerangka kerja Human, Organization, Technology-Fit (HOT-Fit) dengan beberapa modifikasi menyesuaikan dengan kerakteristik penerapan SI di lingkungan institusi pemerintahan. Untuk mendapatkan data digunakan metode survey dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna SIM. Model analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0.
Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa penerapan siBaja belum sepenuhnya sesuai (fit) dari sisi hubungan antara Human-Technology yang ditandai tidak adanya pengaruh yang signifikan antara variabel User Satisfaction (US) dan variabel System Quality (SQ) dengan nilai signifikansi 0,188 pada α=0,05. serta belum sepenuhnya sesuai sesuai (fit) dari sisi hubungan antara faktor Organization-Technology yang ditandai dengan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara variabel Service Control (SC) dengan variabel Information Quality (IQ) dengan nilai signifikansi 0,173 pada α=0,05.
================================================================================================
The System Information Management (SIM) in government institutions is a very vital item in supporting the continuity service to the community. SIM that are built often cannot provide the maximum benefits because the construction of the SIM does not go through a mature planning stage and is not supported by a clear IT masterplan so that an evaluation of the implementation of the SIM is needed mainly from 3 (three) main aspects, namely Human, Organization (Organization) and Technology (Technology).
The procurement unit of Malang City has a SIM for procurement process named SiBaja founded since 2016 and has never been evaluated for compliance. This study aims to evaluate the suitability of SiBaja to the needs of users and management using the Human, Organization, Technology-Fit (HOT-Fit) framework with several adjustments to suit the characteristics of the application of information system in government institutions. The data collection uses a survey method by distributing questionnaires to application users. The data analysis uses Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) using SmartPLS 3.0 software.
The study finds that the application of siBaja was not fully in accordance with the relationship between Human-Technology which is indicated by the absence of a significant effect between User Satisfaction (US) and System Quality variables (SQ) with a significance value of 0.188 on α = 0,05. Furthermore, from the relationship between factors Organization - Technology which indicates the absence of a significant influence between Service Control (SC) variable and Information Quality (IQ) variable with a significance value of 0.173 on α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.403 801 1 Cah e-1 2019
Uncontrolled Keywords: System Information Management, Evaluation, HOT-Fit, SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Cahyono Dwi
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:30
Last Modified: 29 Jul 2021 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61113

Actions (login required)

View Item View Item