Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik

Aini, M. Anwar (2019) Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of THESIS FIX.pdf] Text
THESIS FIX.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 09211650055006-Master_Thesis.pdf] Text
09211650055006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Kabupaten Gresik belum memiliki rencana induk penerapan SI/TI sehingga SI/TI yang dibutuhkan belum dapat dikelola dengan tepat. Untuk itu diperlukan suatu sistem berbasis teknologi informasi yang terencana dan mampu menghasilkan informasi akurat dan tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan data dan informasi dalam perumusan kebijakan serta mengembangkan rencana strategis sistem informasi pada Pemerintah Kabupaten Gresik. Konsep dasar yang digunakan dalam menyusun penelitian ini adalah metodologi yang dikemukakan oleh Jhon Ward dan Joe Peppard. Tahapan yang dilakukan di mulai dari melakukan analisa lingkungan bisnis internal dan eksternal organisasi, analisa SI/TI internal dan Eksternal Organisasi, dilanjutkan dengan proses identifikasi strategi dan melakukan rancangan portfolio masa yang akan datang. Metode analisis yang dilakukan menggunakan beberapa metode antara lain, SWOT, Critical Success Factor, Value Chain, PEST, dan Mc Farlan Strategic Grid.
Hasil penelitian ini adalah blue print perencanaan startegis yang mengacu pada rencana bisnis organisasi berdasarkan data yang diperoleh melalui metode analisis yang digunakan. Informasi yang dihasilkan akan menjadi informasi yang terintegrasi untuk kebutuhan administratif dan pelayanan publik. Tujuan strategis organisasi berupa pelayanan prima yang unggul akan dicapai dengan dengan penerapan peningkatan fungsi pengolahan data yang optimal dengan dukungan Teknologi informasi. Penyusunan perencanaan strategis SI/TI sesuai portfolio yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan dalam perencanaan strategis periode mendatang sehingga dapat memberikan prioritas pada aktivitas yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang optimal dan berdasarkan kontribusinya pada tujuan yang akan dicapai
================================================================================================
Gresik Regency does not yet have a master plan for the
implementation of IS / IT so that what is needed cannot be managed properly. For this reason, we need a planned
information technology-based system that can produce accurate and timely information. The purpose of this study was to identify data and information needs in policy formulation and develop an information system strategic plan in Gresik Regency.
The basic concept used in compiling this research is the
methodology proposed by Jhon Ward and Joe Peppard. The stages carried out start from analyzing the internal and external business environment of the organization, analyzing internal and external organization IS / IT, followed by the process of identifying strategies and designing future portfolios. The method of analysis carried out uses several methods, among others, SWOT, Critical Success Factors, Value Chain, PEST, and Mc Farlan Strategic Grid.
The results of this study are blue print of strategic
planning that refers to the organization's business plan based on data obtained through the analytical methods used. The information produced will be integrated information for administrative and public service needs. The organization's strategic objectives in the form of superior prime service will be achieved by implementing an optimal improvement of data processing functions with the support of Information Technology. The preparation of IS / IT strategic planning according to the resulting portfolio is expected to be used in future strategic
planning so that it can give priority to the activities needed to obtain optimal results and based on its contribution to the objectives to be achieved.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.472 Ain p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Information Systems Strategic Planning, Ward and Peppard Methodology
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Aini M.Anwar
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:27
Last Modified: 09 Aug 2021 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61122

Actions (login required)

View Item View Item