Putra, Videla Denastyan Agpenta (2019) Perencanaan Konfigurasi Gerbang Tol Pemalang - Batang. Undergraduate thesis, Institur Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111440000147-Undergraduate_Theses.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian dari sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan untuk membayar tol. Pembuatan jalan tol bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Oleh sebab itu, sebagaimana fungsinya jalan tol harus menyediakan arus yang bebas hambatan agar tujuan jalan tol untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan tercapai. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih dikenal sebagai gerbang tol. Bangunan ini biasanya ditemukan di dekat pintu keluar ataupun pintu masuk. Namun pada suatu sistem jaringan jalan tol, sering terjadi kemacetan yang diakibatkan antrian panjang yang melebihi batas maksimum antrian yang ditentukan, dan tidak seimbangnya antara kapasitas gerbang tol yang dioperasikan dengan banyak kendaraan yang masuk.
Perencanaan Konfigurasi Gerbang Tol Pemalang – Batang merencanakan gerbang tol untuk tahun 2019 dan 2034. Metode yang digunakan yaitu Multi Channel Single Phase sebagai struktur dasar proses antrian dan First In First Out sebagai pelayanan antrian. Perencanaan ini diharapkan dapat menghasilkan gerbang tol yang dapat bekerja dengan optimal.
Hasil dari Perencanaan Konfigurasi Gerbang Tol Pemalang – Batang pada tahun 2019 untuk gardu tol otomatis khusus terdapat 1 gardu pada setiap arah masuk dan keluar. Untuk gardu tol otomatis gerbang Pemalang terdapat 2 arah masuk dan 3 arah keluar. Gerbang Beji arah masuk dan keluar terdapat 4 gardu. Gerbang Bojong arah masuk dan keluar terdapat 4 gardu. Gerbang Tulis arah masuk dan keluar terdapat 3 gardu. Gerbang Batang arah masuk dan keluar terdapat 2 gardu. Sedangkan untuk gardu tol On Board Unit terdapat 1 pada semua arah masuk dan arah keluar gerbang tol. Pada tahun 2034 terdapat peningkatan jumlah gardu tol sesuai dengan pertumbuhan volume kendaraan
================================================================================================
Toll road is a public road transport that is part of the road system and as a national road whose users are required to pay the bills. Making toll roads itself aims to shorten travel time from one place to another. Therefore, as the function of the toll road must provide a barrier-free flow so that the purpose of the toll road is to shorten the travel time of the journey. To enjoy it, toll road users must pay according to the applicable rates. Pricing is based on the vehicle class. Buildings or facilities where tolls are collected can be called toll gates, toll houses, toll plazas or in Indonesia is better known as toll gates. This building is usually found near the exit or the entrance. However, on a toll road system, frequent congestion is caused by long queues that exceed the specified maximum queue limit, and the imbalance between the capacity of the toll gate operated with many incoming vehicles.
Planning for the Pemalang-Batang toll gates, plan the optimum number of toll gates in terms of queue length and service levels for 2019 and 2034. The method used is Multi Channel Single Phase as the basic structure of the queue process and First In First Out as the queue service. This plan is expected to produce toll gates that can work optimally.
The Results of the Planning of Configuration Pemalang - Batang Toll Gate in 2019 for the automatic toll booths there are 1 substation in each direction in and out. For the Pemalang automatic toll booth gate there are 2 entry directions and 3 exit directions. The Beji Gate is in and out of 4 substations. The Bojong Gate is in and out of 4 substations.The Tulis Gate has 3 substations of entry and exit gate each. there are 2 substations on The Batang Gate in and out each. Whereas for the On Board Unit toll booth there are 1 in all the entrance and exit directions of the toll gate. In 2034 there will be increase the number of toll booths in accordance with the growth in the volume of the vehicles.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Put p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Gerbang Tol, Tol Pemalang - Batang |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Videla Denastyan Agpenta Putra |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 07:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 07:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/61186 |
Actions (login required)
View Item |