Analisis Karakteristik Traksi Serta Redesign Rasio Transmisi dan Rasio Gardan Pada Bus Super Double Decker

Muttaqi, Nafi'an Zukhrufal (2019) Analisis Karakteristik Traksi Serta Redesign Rasio Transmisi dan Rasio Gardan Pada Bus Super Double Decker. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000023-Undergraduate_Theses.pdf] Text
02111340000023-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi otomotif semakin berkembang beberapa tahun belakang ini, seiring dengan meningkatnya penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2016 penjualan bus di atas 24 ton mencapai 106 unit. Pada tahun-tahun sebelum itu, pasar domestik bus banyak diramaikan oleh kategori 5-10 ton dan 10-24 ton. Bus merupakan kendaraan bermotor yang menjadi transportasi massal yang sangat penting. Perusahaan Otobus di Indonesia semakin bertambah, hingga sekarang tercatat lebih dari 300 Perusahaan Otobus yang beroperasi. Banyaknya perusahaan Otobus membuat armada bus juga semakin banyak. Namun pemilihan untuk menentukan bus yang tepat sesuai dengan kebutuhan kurang dimiliki oleh setiap pemilik Perusahaan Otobus. Perbedaan kebutuhan spesifikasi bus di karena medan yang di tempuh dan juga kegunaan dari bus itu sendiri. Perusahaan Karoseri bus dalam pameran maupun brosurnya hanya menampilkan pengetahuan umum tanpa menyertakan spesifikasi lengkap dari kendaraan. Pengetahuan spesifik dari segi transmisi memiliki peran penting untuk mengetahui kecepatan bus dan kemampuan bus untuk melewati tanjakan, sehingga kecelakaan bisa diminimalisir. Perusahaan Karoseri yang ada di Indonesia salah satunya adalah PT. Adiputro Wirasejati. PT. Adiputro Wirasejati memiliki banyak varian bus karoseri yang di produksi termasuk Jetbus 2 SDD. Jetbus 2 SDD menggunakan engine dari pabrikan lain sesuai dengan permintaan. PT. Adiputro Wirasejati sendiri tidak memiliki data performa karakteristik traksi dari engine yang digunakan oleh Jetbus 2 SDD. Beberapa hal tersebut yang mendasari penulis untuk melakukan Analisa Karakteristik Traksi serta Redesign Rasio Transmisi dan Rasio Gardan pada bus Adiputro.
Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan tiga tahapan pengujian. Tahapan pertama adalah melakukan perhitungan kecepatan dan percepatan pada bus adiputro. Tahap kedua, akan melakukan perhitungan tanjakan maksimum pada bus adiputro. Membuat grafik karakterisitik traksi dengan menghitung gaya dorong terlebih dahulu. Selanjutnya tahap ketiga adalah melakukan evaluasi terhadap grafik karakteristik traksi yang nantinya didapatkan, dilanjutkan dengan proses redesign tingkat transmisi agar kinerja mobil optimal menggunakan teori progressi geometri.
Dari penelitian ini di dapatkan data berupa kecepatan, percepatan, dan sudut tanjakan pada kondisi standar dari engine yang di analisa serta hasil redesign rasio transmisi bus adiputro dengan engine Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Setelah dilakukan analisa, engine tersebut memiliki kecepatan maksimum yang mampu di tempuh melebihi klaim pabrikan sebesar 128 km/jam. Sedangkan analisa gradeability yang mampu di capai kendaraan adalah 18%. Setelah dilakukan redesign, gradeability maksimum yang mampu di capai meningkat menjadi 36%.
================================================================================================
Automotive technology is growing in the past few years, along with the increasing sales of motorized vehicles in Indonesia. Based on data from the Association of Indonesian Automotive Industries (Gaikindo) in 2016 bus sales above 24 tons reached 106 units. In the years before that, the domestic bus market had been enlivened by 5-10 tons and 10-24 tons. Buses are motorized vehicles which become very important mass transportation. Otobus companies in Indonesia are increasing, until now there are more than 300 automotive companies operating. The number of Otobus companies is also increasing the bus fleet. But the selection to determine the right bus in accordance with the needs of less owned by each owner of the Otobus Company. The difference in bus specification requirements is due to the terrain being traveled and also the usefulness of the bus itself. The company bus body in the exhibition and brochure only displays general knowledge without including complete specifications of the vehicle. Specific knowledge in terms of transmission has an important role to know the bus speed and the ability of the bus to pass the incline, so that accidents can be minimized. One of the Carrosserie companies in Indonesia is PT. Adiputro Wirasejati. PT. Adiputro Wirasejati has many car body variants produced including the Jetbus 2 SDD. The Jetbus 2 SDD uses engines from other manufacturers as requested. PT. Adiputro Wirasejati itself has no data performance traction characteristics from the engine used by the Jetbus 2 SDD. Some of these things underlie the authors to analyze Traction Characteristics and Redesign the Transmission Ratio and the Gardan Ratio on the Adiputro bus.
In this study, the authors will conduct three stages of testing. The first stage is to calculate the speed and acceleration on Adiputro buses. The second stage, will calculate the maximum incline on the Adiputro bus. Make a graph of traction characteristics by calculating the thrust force first. Furthermore, the third stage is to evaluate the graph of traction characteristics that will be obtained, followed by the process of redesigning the transmission level so that optimal car performance uses the theory of progression geometry.
From this research, the data is obtained in the form of speed, acceleration, and incline angle on standard conditions of the engine analyzed and the redesign of adiputro bus transmission ratio with Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 engine. After analysis, the engine has a maximum speed capable in excess of the manufacturer's claim of 128 km / hour. Meanwhile the gradeability analysis that can be achieved by the vehicle is 18%. After a redesign, the gradeability that can be achieved is increased to 36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Mut a-1 2019
Uncontrolled Keywords: karakteristik traksi, redesign, progressi geometri, gradeability
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nafi'an Zukhrufal Muttaqi
Date Deposited: 12 Nov 2021 09:40
Last Modified: 12 Nov 2021 09:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61360

Actions (login required)

View Item View Item