Desain Sinyal Sistem Loop Tertutup pada Gerak Longitudinal Pesawat Tempur dengan Analisis Basis Elementer

Masyita, Anindya Nur (2018) Desain Sinyal Sistem Loop Tertutup pada Gerak Longitudinal Pesawat Tempur dengan Analisis Basis Elementer. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of DRAFT TA YUDISIUM.pdf] Text
DRAFT TA YUDISIUM.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penerbangan sangat penting untuk tetap bisa mengontrol perilaku gerak pesawat tempur terutama pada saat maneuver agar pesawat tetap terkendali meski mengalami gangguan,. Seperti diketahui bahwa pesawat tempur merupakan pesawat yang didesain dengan tingkat kegesitan dan kemampuan maneuver tinggi. Hal itu membuat desain pesawat tempur tersebut tidaklah stabil. Sehingga diperlukan sistem persamaan gerak pada pesawat tempur yang stabil. Sistem kontrol penerbangan dari pesawat tempur dipengaruhi oleh nilai gain umpan balik untuk mengubah karakteristik dari sinyal yang dimuat. Sistem persamaan gerak pesawat tempur yang akan diamati pada Tugas Akhir ini yaitu gerak longitudinal pada pesawat tempur, yang mana gerak longitudinal tersebut bekerja pada arah sumbu roll (X) dan yaw (Z) pada parameter sistem persamaan gerak linear . Selanjutnya akan dilakukan analisa kestabilan pada gerak longitudinal pesawat tempur tersebut dengan menggunakan metode analisis basis elementer dalam sistem loop tertutup serta akan dilakukan simulasi untuk memperoleh desain sinyal dari analisa sistem yang telah dilakukan. Sehingga akan didapatkan desain sinyal eksitasi untuk kestabilan gerak longitudinal pesawat tempur pada sistem loop tertutup tersebut.
================================================================================================
In flight it is important to keep control of the fighter's motion behavior especially when maneuvering to keep the aircraft in control despite disturbance. As is known that the fighter is a plane designed with high levels of agility and maneuverability. It made the design of the fighter unstable. So we need a system of equations of motion on a stable fighter aircraft. The flight control system of the fighter is affected by the feedback gain value to change the characteristics of the loaded signal. The system of equations of fighter motion to be observed in this Final Project is longitudinal motion on fighter aircraft, where the longitudinal motion works on the direction of the axis of the roll (X) and yaw (Z) on the parameter of the system of linear motion equations. Furthermore, stability analysis will be performed on the longitudinal motion of the fighter by using elementary base analysis method in a closed loop system and will be simulated to obtain the signal design from the system analysis that has been done. And we can get the excitation signal design for longitudinal stability fighter aircraft of closed loop system.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 629.132 36 Mas d-1 2018
Uncontrolled Keywords: Gerak Longitudinal, Pesawat Tempur, Sistem Loop Tertutup (Closed-Loop System), Kestabilan Sistem
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anindya Nur Masyita
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:30
Last Modified: 18 Nov 2021 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61552

Actions (login required)

View Item View Item