Konsep Desain Kapal Pemadam Kebakaran Amfibi untuk Daerah Kepulauan Seribu

Purwanto, Galuh Hadi (2019) Konsep Desain Kapal Pemadam Kebakaran Amfibi untuk Daerah Kepulauan Seribu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111440000018-Undergraduate_Theses.pdf] Text
04111440000018-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Pada bulan Agustus 2017 sampai dengan bulan Januari 2018 setidaknya terjadi 4 kali musibah kebakaran. Namun tidak didukung dengan peralatan pemadam kebakaran yang cukup sehingga pemadamannya masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu dibutuhkan alat pemadam kebakaran lain yang bisa menyeberang dari satu pulau ke pulau lain dengan cepat membawa air dan peralatan untuk dapat menjangkau area yang luas. Kapal pemadam amfibi dirasa cocok sebagi solusi untuk permasalah ini. Selain dapat mengangkut air untuk pemadaman, karakteristik amfibi yang dapat menyeberang dari pulau satu ke pulau lain akan memudahkan dalam tanggap bencana antar pulau. Payload dari Kapal Pemadam Kebakaran Amfibi ini adalah jumlah air yang dibawa di dalam tangkinya yaitu 4000 liter. Setelah didapatkan jumlah payload, kemudian dicari nilai deadweight dan penentuan ukuran utama untuk dilakukan perhitungan teknis yang meliputi perhitungan stabilitas, perhitungan trim, dan perhitungan freeboard dan dilanjutkan dengan mendesain Rencana Garis, Rencana Umum, dan menghitung biaya pembangunannya. Dari desain Kapal Pemadam Kebakaran Amfibi dengan payload didapatkan ukuran utama kapal Lpp: 8 m; B: 2 m; H: 1,4 m; T: 1,2 m dengan biaya pembangunan sebesar Rp 891.808.752.
=============== Kepulauan Seribu Administrative District is an administrative district in the Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Lack of modern firefighting equipment has led to a minimum of 4 fire incidents reported from August 2017 to January 2018. Thus, a need for a portable firefighting equipment or vehicle is deemed necessary to fight fire across the islands. This study designs a firefighting amphibious unit as a solution to the stated problem. The amphibious unit enables itself to respond quickly due to the capability of traveling across water and land. The amphibious unit has a payload of 4000 liters. Technical dimensions are as follows: Lpp = 8 m; B = 2 m; H = 1.4 m; T = 1.2 m. Stability, Trim, Freeboard, Lines Plan, General Arrangement and Cost of Construction are determined in this study. Cost estimation of the Amphibious Unit is Rp 891.808.752.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Amfibi, Kebakaran, Kepulauan Seribu, Pemadam Kebakaran, Payload, Amphibi, Fire, Fire Fighting, Kepulauan Seribu, Payload
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Galuh Hadi Purwanto
Date Deposited: 04 Feb 2019 01:55
Last Modified: 04 Feb 2019 01:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61701

Actions (login required)

View Item View Item