Arditama, Rizky Puji (2019) Analisa Pengaruh Variasi Sudut Rake Propeller B - Series Terhadap Performance dan Kavitasi dengan Metode CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04211646000009-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2022. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam sebuah kapal, terdapat komponen – komponen penting dalam sistem penggerak kapal. Pada sistem penggerak kapal terdapat beberapa komponen utama yaitu main engine, sistem perporosan, dan propeller. Di negara indonesia, masih banyak kapal yang menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar. Dalam pengoperasiannya, konsumsi bahan bakar paling banyak digunakan pada sistem penggerak kapal, oleh karena itu, pada sistem penggerak kapal harus dipertimbangkan dan dirancang se-efisien mungkin. Propeller merupakan salah satu alat gerak mekanik pada kapal, yang dapat menjalankan kapal dari tempat satu ke tempat lainnya. Hal terpenting dalam propeller adalah mekanikal properties atau kekuatan propeller tersebut dalam menerima beban untuk dapat menjalankan kapal. Faktor lain yang mempengaruhi mekanikal properties propeller yaitu desain propeller itu sendiri. Dalam mendesain propeller, salah satu hal yang dapat diperhatikan yaitu sudut rake dari propeller. Sudut rake merupakan sudut kemiringan antara blade propeller dengan pusat propeller. Sudut rake pada propeller digunakan untuk meningkatkan jumlah massa air yang digunakan untuk mendorong kapal. Dalam buku G.Kuiper menyebutkan bahwa mengurangi sudut rake dapat meningkatkan sedikit efisiensi pada propeller B-series. Pada penelitian sebelumnya telah menganalisa pengaruh variasi sudut rake untuk mengetahui hubungan antara thrust dan aliran fluida pada propeller B-series, namun untuk kavitasi yang terjadi pada propeller belum teranalisa. Pada penelitian ini akan dilakukan variasi dari sudut rake propeller B-Series untuk mendapatkan nilai thrust propeller dan kavitasi. Analisa yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode CFD ( Computational Fluid Dynamic ) dan didapatkan hasil dari simulasi dengan nilai thrust dan efisiensi yang terbesar yaitu pada variasi sudut rake 5º sebesar 2310,273 KN serta efisiensi 70%, sedangkan nilai thrust terkecil pada variasi sudut rake 25º sebesar 1110,933 KN. Kemudian untuk tingkat kavitasi terbesar pada variasi sudut rake 25º dan yang terkecil pada sudut rake 15º original.
================================================================================================
In a ship, there are important components in the ship propulsion system. In ship propulsion system there are several main components, such as main engine, stern tube system, and propeller. In indonesia, there are still many ships that use diesel engine. In operation, fuel consumption is most widely used in ship propulsion system, therefore, in ship propulsion system must be considered and designed as efficiently as possible. Propeller is one of the mechanical component on a ship, which can run ships from one place to another. The most important thing in a propeller is the mechanical properties or strength of the propeller in accepting the load to be able to run the ship. Another factor thaht affects mechanical propeller properties is the propeller design itself. In propeller design, one thing that can be considered is the rake angle of propeller. The rake angle is the slope angle between the propeller blade and the propeller center. The rake angle on the propeller is used to increase the amount of mass water used to produce thrust that needed by ship. In G. kuiper’s book states that reducing the rake angle can increase the efficiency of the B-Series propeller slightly. Previous research has nalyzes the effect of variations in rake angle to determine the relationship between thrust and fluid flow in the B-series propeller, but for the cavitation that occurs in the propeller has not been analyzed . in this research, variations will be made from the B-Series propeller rake angle to obtain propeller thrust and cavitation values. The analysis that will be carried out in this study is to use the CFD (Computational Fluid Dynamic) method and the results obtained from the simulation with greatest thrust and efficiency, that is in the 5º rake angle variatons of 2310,273 KN and 70% efficiecy, while the smallest thrust value is variation of rake angle 25º for 1110,933 KN. Then for the largest cavitation level in the variation of the 25º rake angle and the smallest at the 15º original rake angle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.87 Ard a-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Rake Angle, Propeller B - series, Cavitation, Computational Fluid Dynamics (CFD) |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA357 Computational fluid dynamics. Fluid Mechanics V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rizky puji arditama |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 00:57 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 00:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/61713 |
Actions (login required)
View Item |