Analisis Evakuasi Penumpang Kapal Ro-ro 1309 DWT Dengan Agent Based Modeling Simulation

Mufikri, Mochammad Isom (2019) Analisis Evakuasi Penumpang Kapal Ro-ro 1309 DWT Dengan Agent Based Modeling Simulation. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan_Mochammad Isom M_04211440000093.pdf]
Preview
Text
Laporan_Mochammad Isom M_04211440000093.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kapal yang terjadi di perairan Indonesia memiliki angka frekuensi yang tinggi. Bentuk kecelakaan kapal didominasi oleh kebakaran kapal berjenis Ro-Ro atau kapal penumpang yang menyebabkan kerugian berupa material, pencemaran perairan, dan hilangnya nyawa manusia. Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis terhadap evakuasi penumpang kapal Ro-Ro 1309 DWT yang mengalami kecelakaan perairan berupa kebakaran di perairan laut jawa. Data awal yang diperlukan berupa, general arrangement kapal Ro-Ro 1309 DWT, informasi material kapal, kecepatan berjalan penumpang, serta komposisi dan persebaran penumpang. Dari hasil survei didapatkan komposisi penumpang yang terdiri dari 36% pria <30 tahun, 30,7% pria 30-50 tahun, 21,9% pria >50 tahun, 3,5% wanita<30 tahun, 2,6% wanita 30-50 tahun, dan 5,3% wanita>50 tahun. Persebaran penumpang pada siang hari terdiri dari 46% di kabin dan 54% terdistribusi, persebaran penumpang pada malam hari terdiri dari 71% di kabin dan 29% terdistribusi. Peneyebab utama munculnya api akan diasumsikan dari kejadian kebakaran sebelumnya dan dijadikan sebagai input dalam melakukan simulasi kebakaran menggunakan program fire dynamic simulator (FDS). Program ini memodelkan persebaran api mulai dari tahap penyalaan sampai api berada pada tahapan padam. Output pada simulasi ini berupa informasi perbandingan antara temperatur dan waktu sehingga akan menunjukkan lokasi yang terdampak kebakaran. Terdapat 3 titik yang mengalami kebakaran pada dek 3 yakni, toilet pria, dapur, dan tangga s-b (starboard side). Dan terdapat 3 titik yang mengalami kebakaran pada dek kendaraan atas yakni, 2 tangga s-b dan 1 tangga p-s (port side). Simulasi evakuasi penumpang kapal Ro-Ro 1309 DWT dengan agent based modeling simulation dijalankan berdasarkan standar IMO MSC.1/Circ. 1533 dengan menggunakan 4 kasus pada siang hari dan malam hari. Kondisi kebakaran juga akan disimulasikan pada simulasi evakuasi untuk mengetahui jumlah penumpang maksimal yang terevakuasi apabila kebakaran terjadi. Simulasi evakuasi penumpang kapal Ro-Ro 1309 DWT dilakukan replikasi sebanyak 100 kali pada setiap kasus sebagai bentuk validasi pada tahap simulasi dengan dasar penggunaan distribusi uniform pada data kecepatan berjalan penumpang. Pada case 1 membutuhkan waktu 1236,5 detik untuk mengevakuasi seluruh penumpang, dan pada case 2 sampai 4 membutuhkan waktu masing-masing adalah 688,5 detik, 1615,5 detik, 953 detik. Pada kasus kebakaran membutuhkan waktu 1750 detik pada kondisi malam hari dengan 4 penumpang tidak terevakuasi dan pada kondisi siang hari membutuhkan waktu 795,3 detik dengan semua penumpang terevakuasi. Sehingga diperlukan re-desain general arrangement kapal Ro-Ro 1309 DWT, sosialisasi terkait prosedur evakuasi, dan peningkatan kompetensi ABK dalam penerapan prosedur evakuasi.
================================================================================================
Ship accident that occurs in Indonesian waters has high frequency numbers. The form
of the ship accident is dominated by the fire of Ro-Ro type ships or passenger ships
which cause losses in the form of material, water pollution, and loss of human lives.
In this final project, an Analysis of the Ro-Ro 1309 DWT vessel evacuation system
will be carried out in an accident in the form of fire in the waters of the Java Sea. The
initial data needed is in the form of general arrangement of the Ro-Ro 1309 DWT
vessel, ship material information, passenger walking speed, and the composition and
distribution of passengers. From the survey result, the composition of passengers are
The composition of passengers consists of 36% men <30 years, 30.7% men around
30-50 years, 21.9% men >50 years, 3.5% women <30 years, 2.6% women around 30-
50 years, and 5.3% of women >50 years old. Passenger distribution during the day
consisted of 46% in the cabin and 54% distributed, the distribution of passengers at
night consisted of 71% in the cabin and 29% distributed. The main causes of the
emergence of fire will be assumed from historycal event and used as input in
conducting fire simulations using the fire dynamic simulator (FDS) program. This
program models the distribution of fire from the ignition stage until the fire is at the
outage stage. The output in this simulation is in the form of comparison information
between temperature and time so that it will show the location affected by the fire.
There are 3 points that experience fire on deck 3, namely, men's toilets, kitchens, and
s-b (starboard side) stairs. There are 3 points that have a fire on the upper vehicle
deck, namely, 2 s-b stairs and 1 p-s (port side) stairs. The passenger evacuation
simulation of the Ro-Ro 1309 DWT ship using agent based modeling simulation is
run based on the IMO standard MSC.1 / Circ. 1533 using 4 cases during the day and
night. Fire conditions will be also simulated in an evacuation simulation to find out
the maximum number of passengers evacuated when a fire occurs. The passenger
evacuation simulation of the Ro-Ro 1309 DWT vessel was replicated 100 times in
each case as a form of validation at the simulation stage with the basis of using
uniform distribution on passenger walking speed data. In case 1 it takes 1236.5
seconds to evacuate all passengers, and in cases 2 to 4 it takes 688.5 seconds, 1615.5
seconds, 953 seconds respectively. In the case of a fire it took 1750 seconds at night
with 4 passengers not evacuated and during the daytime conditions it took 795.3
seconds with all passengers evacuated. So that is needed, re-design the general
arrangement of the Ro-Ro 1309 DWT vessel, disseminate information on evacuation
procedures, and improve the ship's crew competence in implementing evacuation procedures.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.802 89 Muf a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Kebakaran kapal, Evakuasi Penumpang, Agent Based Modeling Simulation, IMO
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VK > VK1258 Ships--Fires and fire prevention
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mochammad Isom Mufikri
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:51
Last Modified: 22 Mar 2024 01:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61742

Actions (login required)

View Item View Item