Erdrian, Antonio Leonard (2019) Perancangan Komik Digital Mengenai Gangguan Mental Pada Remaja Pecandu Media Sosial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08311440000061-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media sosial di internet tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan seharihari,
terutama pada kehidupan remaja. Hingga saat ini perkembangan media sosial
sudah sangat pesat, pengguna dapat berbagi pengalaman, foto, video, memberi
komentar dalam hitungan detik, darimanapun. Karena sifatnya yang praktis, media
sosial banyak digunakan remaja sebagai ajang mencari identitas diri.
Ketergantungan pada media sosial dapat berujung pada terancamnya kesehatan
mental seperti depresi, stress, kecemasan sosial hingga kecenderungan untuk bunuh
diri. Dampak negatif ini tidak dapat dirasakan secara langsung oleh pengguna yang
ketergantungan, tetapi akan terasa dalam jangka panjang. Perlu adanya pencegahan
yang dilakukan melalui media populer kepada remaja yang memiliki
kecenderungan untuk memakai media sosial secara berlebihan, seperti komik yang
populer dikalangan usia remaja.
Tujuan umum perancangan komik digital ini adalah sebagai media
penyampaian informasi mengenai bahaya penggunaan media sosial secara
berlebihan terhadap kesehatan mental remaja melalui penceritaan yang membahas
tahapan gangguan mental secara runtut. Perancangan komik digital ini akan
menggunakan metode shadowing untuk mendapatkan data mengenai perilaku
target segmen dalam menggunakan media sosial sehari-hari. Kemudian melakukan
Depth Interview terhadap pembuat komik profesional untuk mengetahui cara yang
efektif dalam menyampaikan informasi dalam sebuah cerita bergambar dan
Psikiater untuk mengetahui tahapan dan gejala dari gangguan mental yang
disebabkan oleh media sosial.
Perancangan komik ini menggunakan konsep victim and control yang
bertujuan untuk menyampaikan informasi dari dua sudut pandang yaitu korban
candu media sosial dan pihak luar. Arketipe karakter yang digunakan adalah
referensi langsung dari serial Doraemon dengan pertimbangan struktur cerita yang
sama. Luaran yang dihasilkan dari perancangan ini adalah berupa komik digital
yang penyampaiannya bersifat implisit dengan harapan dapat menambah wawasan
dan meningkatkan kesadaran terhadap penggunaan media sosial pada remaja
berumur 16-18 tahun.
================================================================================================
The use of social media on the internet cannot be separated from our everyday life,
especially by adolescents. Until now, the development of social media has grown
rapidly. Users can interact, share experiences, photo, video, or opinions in just a
second from anywhere. Because of it’s efficiencies, social media is widely used by
adolescents as a means of seeking identity. Dependence on social media can lead
to the threat of mental health such as depression, stress, social anxiety, and even
suicidal tendencies. This negative effects cannot be felt directly by an individual,
but will eventually have impact in the long run. Prevention using a popular media
as an approach to adolescents with a tendency of dependence on social media is
needed, such as comic that is popular among adolescents.
The general purpose of designing this digital comic is as a medium of delivering
information about the dangers of excessive use of social media to the mental health
of adolescents through an engaging story and delivering the symptoms of mental
illness in coherent manner. Troughout the process of designing this digital comic,
designer will use shadowing method to get data about the behaviour of target
segment in using social media everyday. Then a deep interview will used for
interviewing professional comic makers to find out an effective way of conveying
information from continuous imgaes and Interviewing psychiatrist to find out the
stages and symptoms of mental illness caused by social media.
The design of this digital comic are using victim and control concept which aims to
convey information from two point of view which is social media addict and
outsiders. The character archetypes used are direct references from the Doraemon
series with consideration of the same story structure. The design output generated
from this design is in the form of digital comics whose delivery is implicit in the
hope of increasing knowledge and awareness of the use of social media in
adolescents aged 16-18 years.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDP 741.5 Erd p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Komik, Media Sosial, Kesehatan Mental, Remaja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Antonio Leonard Erdrian |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 02:57 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 07:03 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/61868 |
Actions (login required)
View Item |