Perancangan Pengendalian Otomatis Sistem Ballast Pada Kapal Kendhaga Nusantara Kontainer 100 Teus Akibat Pengaruh Gerakan Crane Berbasis Labview

Aulia, Nabilla (2019) Perancangan Pengendalian Otomatis Sistem Ballast Pada Kapal Kendhaga Nusantara Kontainer 100 Teus Akibat Pengaruh Gerakan Crane Berbasis Labview. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Nabilla Aulia_04211540000087_Skripsi_1 Februari 2019.pdf] Text
Nabilla Aulia_04211540000087_Skripsi_1 Februari 2019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Kapal container 100 teus merupakan moda transportasi untuk pengangkutan cargo dalam bentuk container standart ISO. Kapal tersebut beroperasi sebagai feeder yang beroperasi didaerah dengan keterbatasn peralatan dan perairan yang draft terbatas. Dengan potensi muatan yang tidak optimum dari kapal tersebut diperlukan fleksiblelitas dari operasional system ballast ketika melakukan loading dan unloading container. Dengan keterbatasan sudut kemiringan crane yang tidak boleh melebih dari 3o pada operasional diperlukan keahlian khusus pengaturan ballast. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengendali otomatis yang disimulasikan menggunakan LabView yang dapat mengintegrasikan input-an dari sensor sudut (melintang dan memanjang kapal ) akibat pergerakan crane (berupa panjang crane dan beban muatan) sehingga mengontrol pengisian ballast dengan pengaturan jumlah volume. Dengan melakukan pengendalian otomatis akan memudahkan operator dan menghindari kerusakan crane akibat salah melakukan pengisian ballast kapal.Percobaan ini akan menggunakan variasi panjang lengan crane (1 hingga 21 meter) dan variasi beban muatan (1 hingga 25 ton) untuk mendapatkan semua kemungkinan sudut (secara melintang dan memanjang kapal). Sistem kendali otomatis sistem ballast terhadap pergerakan crane bisa dilakukan dan dapat memudahkan operator kapal karena sudah secara otomatis berapa jumlah dan bagian tangki mana saja yang harus di lakukan ballasting ataupun deballasting agar kapal kembali pada trim dan heel dibawah 1° dan pompa akan otomatis mati ketika sudah memenuhi persyaratan.
================================================================================================
The 100 teus container ship is a mode of transportation for cargo accommodation in
the form of ISO standard containers. The vessel is operates as a feeder in areas with
limited equipment and limited draft waters. Flexibility of the ballast system operation is
required when loading and unloading the container due to the potential in non optimum
load of the ship. Special expertise is mandatory for the ballast arrangement because of
the limitations of the crane's tilt angle at 3o maximum. This study aims to make
automatic controllers simulated using LabView which can integrate an input from
angular sensors (on the ship transversely and longitudinally) due to the movement of
the crane (in the form of crane length and load), thus, ballast loading is controlled by
volume. By doing automatic control it will ease the operators and damage to cranes
due to incorrect filling of ship ballasts is avoided. This experiment will use variations of
crane arm length (1 to 21 meters) and variation of load (1 to 25 tons) to obtain all
possible angles of the ship (transversely and longitudinally). The automatic control for
ballast system regarding crane movement can be done and can facilitate the ship
operator because it automatically counts how many and which parts of the tank should
be ballasted or deballasting so that the ship returns to the trim and heel below 1 ° and
the pump will automatically turn off when the requirement is met.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.854 Aul p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Kapal Kontainer, Sistem Ballast, Pengendali Otomatis, LabView, Container Ship, Ballast System, Controller Automation
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM1 Ballast (Ships)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabilla Aulia
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:50
Last Modified: 30 Dec 2021 02:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61882

Actions (login required)

View Item View Item