PERANCANGAN KAMPANYE FOOD WASTE UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MENYISAKAN DAN MEMBUANG MAKANAN PADA MASYARAKAT SURABAYA

Abidin, Achmad Fauzan (2019) PERANCANGAN KAMPANYE FOOD WASTE UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MENYISAKAN DAN MEMBUANG MAKANAN PADA MASYARAKAT SURABAYA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311340000146-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311340000146-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Sampah makanan merupakan salah satu permasalahan umum yang dialami oleh masyarakat perkotaan. Tidak tanggung-tanggung, jumlah sampah makanan yang dihasilkan bisa mencapai ribuan ton tiap harinya. Banyaknya jumlah sampah makanan yang dihasilkan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor produksi makanan yang dihasilkan pada pabrik, melainkan juga faktor rumah tangga dan konsumen pada umumnya. Bahkan, salah satu penyumbang jumlah sampah makanan di Indonesia adalah kebiasaan konsumtif membeli bahan makanan dan makanan berdasarkan porsi yang berlebih. Kebiasaan dalam membuang makanan ini dapat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang fenomena Food Waste. Pengetahuan dan kesadaran yang minim akan mendorong masyarakat untuk tetap membuang makanan, walaupun memiliki dampak yang merugikan di masyarakat. Di Indonesia sendiri, masih sedikit gerakan dan kampanye tentang sampah makanan yang dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media secara efektif. Karena itu dibutuhkan sebuah kampanye “Food Waste” untuk mengajak masyarakat mengurangi kebiasaan menyisakan dan membuang makanan.
Penelitian ini akan menggunakan metode riset kualitatif dan kuantitatif yaitu mempelajarai literatur tentang sampah makanan, kampanye dan periklanan. Mengkaji beberapa kampanye eksisting yang telah dilakukan dan berhubungan dengan judul perancangan. Mewawancarai secara mendalam Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau kota Surabaya dan Garda Pangan sebagai pihak yang menggeluti bidang sampah makanan. Observasi kebiasaan masyarakat terhadap porsi dan sisa makanan di beberapa tempat di Surabaya, dan penyebaran kuisioner tentang kebiasaan food waste dan preferensi media. Seluruh hasil riset akan diolah dengan metode affinity diagram untuk mendapatkan konsep dan kriteria desain kampanye yang akan digunakan.
Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini berupa eksekusi konsep desain dan media kampanye berdasarkan hasil riset yang didapatkan yang akan digunakan pada media Kampanye Food Waste yang akan diajukan masyarakat Kota Surabaya.

===================================================================================================

Food waste is one of the common problem that happened in urban city. The amount of food waste that produced in a city could reach thousand of tons every day. The high amount of food waste that produced is not only come from the products of food factory, but also come from the waste that produce by household and consumer in general. In fact, one of the major source of food waste in Indonesia is the bad habit of consumerism and buying foods based on excessive portion. One of the main factor of food wasting habit is the level of knowledge and awareness from society about the event and impact of food waste. If the society have little to none knowledge and awareness about food waste, the people will keep wasting food. Even if it has some harmful impact. In Indonesia, there are only little movement and campaign about food waste that give information and education effectively to the society. Based on that description, there is need of a “Food Waste” campaign to encourage the society to reduce the habit of wasting food.
This research will use quantitative and qualitative method that is studying some literatures about food waste, campaign and advertisement. Examine some existing campaign that already done and still relevant with research title. Do some interview with the Sanitary Official of Surabaya amd Garda Pangan as the experts of food waste. Do some observation of the habit of society when eating in some places in Surabaya, and distributing some questionnaire about food waste habit dan media preference. All results from the research will be processed by using affinity diagram method to get the concept and design criteria that will be used in this campaign.
The output from this research will be in the form design concept dan campaign media based from research data that will be used in Food Waste Campaign media that will be submitted to the community of Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 741.67 Abi p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Humor, Kampanye, Food Waste, Advertising
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education (e-learning). Virtual reality in education.
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Fauzan Abidin
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:53
Last Modified: 12 Jan 2022 03:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62012

Actions (login required)

View Item View Item