Peringkasan Video Menggunakan Deteksi Scene Berbasis Perbedaan Histogram Dari Frame Kunci

Widiarto, Wisnu (2019) Peringkasan Video Menggunakan Deteksi Scene Berbasis Perbedaan Histogram Dari Frame Kunci. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111360010009-Desertation.pdf]
Preview
Text
07111360010009-Desertation.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi video memunculkan berbagai gagasan dalam mengelola konten video diantaranya adalah melakukan peringkasan terhadap video tersebut. Peringkasan video dilakukan agar pemirsa tidak harus membaca seluruh konten video yang memerlukan waktu panjang dengan tetap memperoleh informasi sesuai dengan video aslinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membagi video dalam bentuk frame dan membandingkan antar frame untuk menentukan segmen dari setiap adegan. Dari setiap segmen adegan itulah dipilih frame kunci yang digunakan untuk merepresentasikan tiap adegan dalam video.
Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap perbandingan antar frame untuk menentukan transisi antar frame. Transisi itulah yang digunakan dalam penetapan segmen adegan. Analisis perbandingan antar frame dilakukan dengan menggunakan metode perbedaan histogram, sum of absolut difference (SAD) dan operasi titik (perbedaan frame, koreksi gamma dan psnr). Penelitian ini juga menganalisis pemilihan frame kunci untuk mewakili beberapa frame dari video, serta menganalisis pembentukan segmen adegan dari suatu video.
Untuk melakukan analisis dan evaluasi terhadap kinerja pembentukan segmen adegan ini maka dilakukan perhitungan nilai recall, precission dan f-measure terhadap semua video eksperimen. Setelah dilakukan analisis dan evaluasi maka diperoleh rata-rata nilai recall, precission dan f-measure berturut-turut sebagai berikut: 94.184%; 95.191%; 94.654%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa metode yang dipakai sebagai pembentukan segmen adegan ini mempunyai tingkat ketepatan sistem (precision) untuk menentukan frame kunci sesuai dengan yang diminta oleh pengguna adalah sebesar 95.191%. Perhitungan tersebut mempunyai tingkat keberhasilan sistem dalam menentukan frame kunci (recall) sebesar 94.184%. Sedangkan bobot harmonik untuk menentukan kesetaraan nilai evaluasi dan ukuran timbal balik antara nilai recall dan nilai precission (nilai F-Measure) adalah sebesar 94.654%.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: RDE 621.388 332 Wid p-1 2019
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Widiarto Wisnu
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:40
Last Modified: 07 Apr 2023 04:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62044

Actions (login required)

View Item View Item