Perancangan Strategi Pemeliharaan Dengan Reliability Centred Maintenance (Rcm) Ii Dan Life Cycle Cost (Lcc) Di Unit Pabrik Phonska II PT Petrokimia Gresik

Maulidiyah, Uswatun (2016) Perancangan Strategi Pemeliharaan Dengan Reliability Centred Maintenance (Rcm) Ii Dan Life Cycle Cost (Lcc) Di Unit Pabrik Phonska II PT Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2512100108-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

PT Petrokimia Gresik adalah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis pupuk. Kapasitas produksi yang dihasilkan oleh PT Petrokimia Gresik tiap tahunnya, sangat dipengaruhi oleh waktu operasi pabrik. Namun, kegagalan peralatan yang terjadi pada unit Pabrik Phonska II PT Petrokimia Gresik memberikan dampak berupa downtime pada pabrik. Lama durasi downtime yang terjadi adalah sebesar 766,32 jam atau 31,93 hari. Downtime yang besar ini berdampak pada kerugian berupa loss production yang harus ditanggung oleh PT Petrokimia selama satu tahun mencapai nilai Rp. 55.680.700.000,-. Untuk mengurangi kerugian akibat loss production, perlu dilakukan perancangan strategi pemeliharaan. Penentuan strategi pemeliharaan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Reliability Centred Maintenance II dan Life Cycle Cost. Jenis pemeliharaan yang yang ditentukan berdasarkan RCM II Decision Worksheet adalah preventive maintenance berupa scheduled discard task, scheduled restoration task, dan finding failure mode. Penjadwalan pemeliharaan dari jenis pemeliharaan preventive maintenance dilakukan dengan metode penjadwalan sederhana. Terdapat 15 peralatan yang diberikan alokasi penjadwalan pemeliharaan selama satu tahun. Setelah dilakukan perhitungan interval jadwal pemeliharaan preventive, kemudian dilakukan perbandingan biaya untuk preventive maintenance dan corrective maintenance. Dari hasil perhitungan LCC yang dilakukan dalam satu tahun, didapatkan nilai NPV preventive maintenance adalah Rp 245.300.261,- sedangkan nilai NPV corrective maintenance adalah sebesar Rp 31.262.526,- Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua strategi pemeliharaan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan (ditunjukkan dengan nilai NPV yang positif). Akan tetapi, strategi pemeliharaan yang bersifat preventive maintenance memberikan nilai manfaat yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.202 Mau p
Uncontrolled Keywords: Reliability Centred Maintenance, Life Cycle Cost, preventive maintenance, corrective maintenance
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:28
Last Modified: 07 Feb 2019 04:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62171

Actions (login required)

View Item View Item