Penempatan Posisi Kamera Secara Otomatis Untuk Sutradara Virtual Dalam Machinima Berbasis Logika Fuzzy

Junaedi, Hartarto (2019) Penempatan Posisi Kamera Secara Otomatis Untuk Sutradara Virtual Dalam Machinima Berbasis Logika Fuzzy. Doctoral thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111260010002-Disertation.pdf]
Preview
Text
07111260010002-Disertation.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Machinima adalah sebuah teknologi pencitraan komputer yang biasanya
digunakan untuk membuat permainan komputer dan animasi. Machinima akan
meletakan semua property dan pemain film ke dalam lingkungan virtual, dalam hal
ini penempatan posisi kameranya. Karena sinematografi melengkapi machinima,
memungkinkan untuk mensimulasikan gaya seorang sutradara dalam penempatan
posisi kamera di lingkungan virtual. Dalam aplikasi permainan komputer, gaya
sutradara adalah satu satu faktor dalam sinematik yang sangat berpengaruh, nuansa
bermain game akan berbeda jika diterapkan gaya yang berbeda walau pada adegan
atau aksi yang sama. Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem yang diberi nama
Automatically Cinematography Engine (ACE), sebuah engine untuk menempatkan
posisi kamera virtual dan melakukan profile terhadap gaya sutradara dengan
pendekatan berbasis logika fuzzy. Sistem yang pertama adalah sistem yang mampu
menempatkan posisi kamera virtual sesuai dengan gaya sutradara menggunakan
logika fuzzy. Yang kedua adalah sistem yang mampu secara otomatis melakukan
profile gaya sutradara dengan menggunakan logika fuzzy. Digunakan 19 variabel
output dan 15 variabel hasil perhitungan lainnya dari hasil ekstraksi animasi dari
dua gaya sutradara yang berbeda. Hasil perhitungan menghasilkan diagram area
plot dan histogram dan dengan menganalisa histogram, gaya sutradara yang
berbeda dapat diklasifikasikan.
================================================================================================
Machinima is a computer imaging technology typically used in games and
animation. It prints all movie cast properties into a virtual environment by means
of a camera positioning. Since cinematography is complementary to Machinima, it
is possible to simulate a director's style via various camera placements in this
environment. In a gaming application, the director's style is one of the most
impressive cinematic factors, where a whole different gaming experience can be
obtained using different styles applied to the same scene. This research describes
Automatically Cinematography Engine (ACE) an engine for camera positioning
and profiling a director’s style using fuzzy logic approach. The first one is a system
capable to positioning a virtual camera in virtual environment automatically
according to a director’s style using fuzzy logic. The second is a system capable of
automatically profile a director's style using fuzzy logic. This research employed
19 output variables and 15 other calculated variables from the animation extraction
data to profile two different directors' styles from five scenes. Area plots and
histograms were generated, and, by analyzing the histograms, different director's
styles could be subsequently classified.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: RDE 621.388 34 Jun p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Logika Fuzzy, Machinima, Sutradara Virtual, Penempatan Posisi Kamera , State Director , Event Selector
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Junaedi Hartarto
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:50
Last Modified: 07 Apr 2022 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62318

Actions (login required)

View Item View Item