Pengaturan Kecepatan Motor Dc Pada Parallel Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Menggunakan Metode Pi-Robust

Oktovius, Sentosa Sondang (2015) Pengaturan Kecepatan Motor Dc Pada Parallel Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Menggunakan Metode Pi-Robust. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2211100211-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan bakar minyak saat ini semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kendaraan bermotor. Bahan bakar minyak adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, hal ini menyebabkan terjadinya krisis energi di dunia. Selain tidak dapat diperbaharui, penggunaan bahan bakar minyak juga menimbulkan polusi yang dapat menyebabkan global warming. Keadaan polusi yang semakin meningkat selain menyebabkan global warming juga berpengaruh pada kesehatan manusia. Saat ini, menghentikan penggunaan bahan bakar minyak untuk kendaraan masih tidak mungkin dilakukan mengingat banyaknya kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar minyak. Dalam upaya mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, maka diciptakan sebuah alternatif kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Alternatif tersebut adalah hybrid electric vehicle (HEV). HEV adalah sebuah kendaraan yang memiliki dua mesin penggerak, yaitu ICE atau mesin pembakaran dalam dan motor listrik. Kontroler PI-Robust digunakan untuk mengatur motor DC sebagai regulator dalam membantu ICE pada kondisi pembebanan untuk tetap mempertahankan setpoint. Berdasarkan hasil percobaan, motor DC dapat menjalankan perannya sebagai regulator untuk membantu ICE dalam mempertahankan setpoint bahkan saat pembebanan maksimal saat arus rem elektromagnetik sebesar 1.14A. Sehingga dapat disimpulkan kontroler PI-Robust dapat membantu ICE dalam mempertahankan kecepatan di setpoint yang diberikan pada saat kondisi pembebanan. ======================================================================================================= The use of fossil fuels is increasing with the increase of motor vehicles. Fuel oil is one of the natural resources that can not be renewed, this causes the energy crisis in the world. In addition to nonrenewable, fossil fuel use also cause pollution that can lead to global warming. State besides increasing pollution causes global warming also affect human health At present, discontinue the use of fuel for the vehicle is still not possible considering the number of vehicles that still use fuel oil. In an effort to reduce the use of fossil fuels, then created an alternative energy-efficient vehicles and environmentally friendly. The alternative is a hybrid electric vehicle (HEV). HEV is a vehicle that has two propulsion engines, namely ICE or the Internal Combustion Engine and electric motor PI-Robust controller is used to adjust the DC motor as a regulator in helping ICE on loading conditions to maintain the setpoint. Based on the experimental results, the DC motor can perform its role as a regulator to help ICE to maintain setpoint even when the maximum load current of 1.14A current electromagnetic brake. It can be concluded PI-Robust controller can assist ICE in maintaining a given speed setpoint at the time of loading conditions

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.229 3 Okt p
Uncontrolled Keywords: HEV, motor DC, PI-Robust, regulator
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:30
Last Modified: 18 Feb 2019 07:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62320

Actions (login required)

View Item View Item