Implementasi Algoritma Blind Watermarking Menggunakan Metode Fractional Fourier Transform Dan Visual Cryptography

Mahmuda, Mir`atul (2014) Implementasi Algoritma Blind Watermarking Menggunakan Metode Fractional Fourier Transform Dan Visual Cryptography. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5110100131-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Digital image watermarking merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyembunyikan informasi ke dalam citra digital. Algoritma watermarking yang dapat mengekstraksi citra watermark tanpa menggunakan informasi citra host disebut blind watermarking. Skema ini dinilai lebih efektif dan efisien, karena dapat menjaga keberadaan citra host asli. Pada tugas akhir ini penulis mengusulkan implementasi algoritma blind watermarking menggunakan metode fractional Fourier transform dan visual cryptography untuk memperbaiki kelemahan algoritma blind watermarking konvensional. Tidak seperti watermarking konvensional, algoritma yang diusulkan dapat melakukan watermarking tanpa harus memodifikasi citra host, sehingga kualitas citra host tetap tinggi. Visual cryptography degan konsep visual secret sharing digunakan untuk membangun dua bagian dari citra watermark, yaitu master share dan ownership share. Master share dibangun dari fitur citra host yang didapatkan dengan melakukan transformasi citra dan singular value decomposition. Sedangkan ownership share dibangun dari master share dan citra watermark menggunakan teknik visual cryptography. Ownership share harus didaftarkan kepemilikannnya untuk keamanan lebih lanjut. Proses identifikasi citra watermark pada skema ini dapat dilakukan dengan cara menumpuk master share dari citra yang diklaim dan ownership share yang sudah disimpan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa ownership share yang dihasilkan hanya dapat digunakan untuk mengektraksi citra yang bersangkutan. Citra watermark yang disisipkan juga memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai kemungkinan gangguan, seperti blurring, sharpening, kompresi JPEG, resizing, penambahan derau, rotasi dan cropping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.82 Mah i
Uncontrolled Keywords: Blind watermarking, fractional Fourier transform, singular value decomposition, visual secret sharing
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.I52 Information visualization
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:11
Last Modified: 20 Feb 2019 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62351

Actions (login required)

View Item View Item