Model Formal Safety Assessment (FSA) Untuk Penilaian Risiko Kecelakaan Di Pelabuhan Kendari

Ladesi, Vivian Karim (2009) Model Formal Safety Assessment (FSA) Untuk Penilaian Risiko Kecelakaan Di Pelabuhan Kendari. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4106202001-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (502kB)

Abstract

Pelabuhan Kendari menjadi infrastruktur yang sangat penting bagi pergerakan ekonomi Namun dengan terjadi kecelakaan laut akhir-akhir ini terutama kapal kandas mencapai 34% dam Personal Injury atau kecelakaan manusia saat kapal tambat, maka dirasa perlu untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang keselamatan dan penilaian risiko kecelakaan terhadap jalur pelayaran di pelabuhan kendari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jenis kecelakaan apa saja yang mempunyai frekuensi paling besar di Pelabuhan Kendari, mengetahui dampak apa yang dapat ditimbulkan dari kecelakaan dengan risiko kecelakaan tertinggi, dan terakhir memperoleh langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecelakaan di Pelabuhan Kendari dengan menggunakan Metode Formal Safety Assessment (FSA). Dari 8 jenis kecelakaan yang terjadi, terdapat 3 kecelakaan dengan frekuensi kejadian tertinggi yaitu kandasnya kapal di alur memasuki pelabuhan, kecelakaan manusia pada saat kapal tambat dan kandasnya kapal di daerah kolam labuh pelabuhan. Dampak dari ketiga kecelakaan tersebut menimbulkan kerugian materi yang besar. Untuk menurunkan risiko ketiga kecelakaan tersebut dilakukan pengukuran Imlied Cost of Averting a Risk (ICAR) terendah dari setiap pilihan penurunan risiko. Penanggulangan risiko yang dilakukan adalah merubah rute pelayaran dengan nilai ICAR 6,25 juta, memberlakukan pengamanan yang ketat di pelabuhan dengan nilai ICAR 3,8 juta dan terakhir pemindahan sisa-sisa konstruksi yang ada pada dasar laut kolam labuh pelabuhan dengan nilai ICAR 34,7 juta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.888 Lad m
Uncontrolled Keywords: Formal Safety Assesment, Penilaian Risiko, Kecelakaan
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:29
Last Modified: 26 Feb 2019 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62400

Actions (login required)

View Item View Item