Pabrik Asam Sitrat dari Molases Menggunakan Proses Submerged dengan menggunakan Bakteri Aspergillus Niger

Pamudji, Aries Slamet and Rachmadani, Surya (2009) Pabrik Asam Sitrat dari Molases Menggunakan Proses Submerged dengan menggunakan Bakteri Aspergillus Niger. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2306030005-063-Non Degree Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk – jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan. Dalam biokimia, asam sitrat dikenal sebagai senyawa antara dalam siklus asam sitrat, yang penting dalam metabolisme makhluk hidup, sehingga ditemukan pada hampir semua makhluk hidup. Zat ini juga dapat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan sebagai antioksidan. Perancangan pabrik asam sitrat ini direncanakan dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Bahan baku utama yang digunakan adalah molases. Sedangkan proses yang dipilih adalah proses submerged fermentation. Proses ini dipilih karena pada segi operasional yang mudah dan modal yang relatif kecil dibandingkan dengan proses yang lain, bersistem operasi semi-kontinyu. Proses pembuatan asam sitrat dengan proses submerged fermentasi ini melalui beberapa tahap yaitu tahap pembiakan jamur, fermentasi, precipitasi, acidulasi, decolorisasi, dan crystalisasi. Perancangan operasi pabrik asam sitrat berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik ini beroperasi selama 330 hari kerja dengan 24 jam operasi, Bahan baku molasses yang digunakan sebanyak 8041,828 kg/jam, utilitas yang dibutuhkan sebanyak 323.648,459 kg/jam, steam yang dibutuhkan 33.149,49 kg/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSK 572.475 Pam p
Uncontrolled Keywords: Asam Sitrat, Molasses, Sub merged fermentasi
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TP Chemical technology > TP156 Crystallization. Extraction (Chemistry). Fermentation. Distillation. Emulsions.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:51
Last Modified: 26 Feb 2019 07:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62402

Actions (login required)

View Item View Item