Pembuatan Tata Laksana Manajemen Insiden Pada Program Manajemen Helpdesk Dan Dukungan Ti Berdasarkan Framework ITIL V3 (Studi Kasus Pada Biro TI BPK-RI)

Silitonga, Tumpal Paradongan (2010) Pembuatan Tata Laksana Manajemen Insiden Pada Program Manajemen Helpdesk Dan Dukungan Ti Berdasarkan Framework ITIL V3 (Studi Kasus Pada Biro TI BPK-RI). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9108205803-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9108205803-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pengelolaan layanan TI di lingkungan BPK-RI, salah satu proses TI yang paling
sering dilakukan adalah proses manajemen insiden yang dituangkan dalam bentuk program
manajemen helpdesk dan dukungan TI. Hal ini disebabkan semakin banyak perangkat keras
komputer dan jaringan yang ditangani berikut aplikasi sistem informasi yang digunakan.
Adanya harapan dari pimpinan dan pegawai BPK-RI agar waktu penanganan insiden dapat
diminimalkan dan tingginya ketergantungan kepada staf teknis tertentu, membuat dokumentasi
tata laksana manajemen insiden yang terstandar sangat diperlukan.
Pembuatan tata laksana manajemen insiden program manajemen helpdesk dan dukungan
TI diawali dengan pengumpulan informasi dan analisa melalui penelaahan dokumen tata kelola
TI BPK-RI, dan studi literatur framework ITIL. Analisa dilakukan untuk menyempurnakan
proses manajemen insiden yang sudah ada, dan kemudian mengembangkan dokumen prosedur
terstandar yang berisi fungsi dan tanggungjawab dalam diagram RACI, dan formulir yang
digunakan. Setelah dokumen selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah verifikasi masingmasing
bagian dari dokumen. Setelah verifikasi, dilakukan validasi dokumen untuk mengetahui
tujuan dari proses manajemen insiden sudah terpenuhi.
Dokumentasi tata laksana manajemen insiden diperlukan untuk menjadi standar acuan
dalam penanganan insiden, mengurangi miskomunikasi antar pihak yang menangani insiden,
dan memiminalkan waktu penanganan insiden. Dokumen tata laksana ini akan digunakan oleh
pihak manajemen untuk menjadi standar dalam penanganan insiden. Selain itu dokumen ini
memberikan kemudahan bagi pihak manajemen untuk mengukur capaian setiap aktifitas dalam
program manajemen insiden dengan menggunakan matrik tata laksana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 004 Sil p
Uncontrolled Keywords: Tata Laksana, ITIL, Manajemen Insiden, BPK-RI
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:36
Last Modified: 04 Mar 2019 04:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62428

Actions (login required)

View Item View Item