Studi Kontrol Deviasi Operasional untuk Menurunkan Konsumsi Bahan Bakar Diesel pada Truk Tambang Kapasitas 100 Ton

Wirantaya, I Dewa Bagus Sugata (2019) Studi Kontrol Deviasi Operasional untuk Menurunkan Konsumsi Bahan Bakar Diesel pada Truk Tambang Kapasitas 100 Ton. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311650022020-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02311650022020-Master_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bisnis tambang adalah satu aktifitas dalam dunia industri yang menggunakan bahan bakar khususnya diesel dalam jumlah yang banyak.. Kebanyakan operator mengoperasikan unit truk dalam modus daya tinggi, sehingga terjadi pemborosan diesel. Produktifitas alat secara keseluruhan tidak jauh berbeda antara modus ekonomis dengan modus daya tinggi. Kontrol penghemat bahan bakar (FSC - fuel saver control) dibangun dengan menggunakan piranti keras yang dihubungkan ke dalam ECM – Electronic Control Module dan diintegrasikan ke dalam sistem pemantauan terhubung melalui radio frekuensi sehingga setiap variabel-variabel deviasi operasional seperti engine over speeding, ground speed, overload, dan excess dumping rpm) yang dilakukan oleh operator pada saat beroperasi dapat dikendalikan langsung oleh kontrol modul FSC sehingga variabel bahan bakar dapat lebih diefisienkan. . Konsumsi normal rata-rata diesel sebuah truk CAT 777D adalah 55 liter setiap jam. Target umur normal truk tambang selama 20 tahun, untuk ketersediaan fisik dan utilisasi masing-masing sama sebesar 85% maka truk CAT 777D akan mengkonsumsi diesel sebanyak 6.960.000 liter selama umur truk tersebut. Target pengurangan konsumsi diesel hasil eksperimen berkisar antara 5 – 7 % sehingga dalam 20 tahun sebuah truk CAT 777D akan mampu menghemat diesel berkisar antara 348.000 – 487.000 liter. Angka penghematan ini akan berdampak signifikan bagi konservasi minyak diesel di dunia.
================================================================================================
Mining business is one of the activities that consume much fuel, especially diesel oil in the industrial world.. Most of operators operate the truck in powerful mode, thus the truck is operated in non-economic mode. The overall truck’s productifity no significant different between economic mode versus powerful mode. The FSC - Fuel Saver Control sistem is developed through hardware connected in the ECM - electronic control module and integrated through an online radio frequency monitoring sistem thus operational deviation variables such as engine over speeding, ground speed, overload, dan excess dumping rpm performed by truck’s operator can be controlled by FSC control module thus fuel burning is more efficient. Diesel oil average normal consumption of a CAT 777D Truck is 55 litres/hour . Normal life cycle of 100 Ton Mine Truck around 20 years, for Truck’s Physical Availability and Utilization set of 85% each, it means that a CAT 777D truck will consumes total diesel fuel 6.96M litres during it services lfe. The reduction target of fuel consumption between 5-7% thus a CAT 777D unit will be capable of saving diesel oil between 348K - 487K liters within 20 years. This number will impact significantly for diesel oil conservation in the world.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTF 629.832 Wir s-1 2019
Uncontrolled Keywords: deviasi operasional, konsumsi diesel, konservasi energi, kontrol penghemat bahan bakar, sistem pemantauan terhubung
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ217.6 Predictive Control
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30101-(S2) Master Thesis
Depositing User: I Dewa Bagus Sugata Wirantaya
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:44
Last Modified: 21 Apr 2022 07:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62443

Actions (login required)

View Item View Item