Studi Optimasi Keluaran Daya Aktif Distributed Generation (DG) Pada Sistem Distribusi Radial Tiga Fasa Dengan Rekonfigurasi Jaringan Dan Penentuan Lokasi DG Menggunakan Genetic Algorithm

Munandar, Aris (2015) Studi Optimasi Keluaran Daya Aktif Distributed Generation (DG) Pada Sistem Distribusi Radial Tiga Fasa Dengan Rekonfigurasi Jaringan Dan Penentuan Lokasi DG Menggunakan Genetic Algorithm. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview

Abstract

Perkembangan beban yang terus meningkat namun tidak diimbangi dengan pembangkitan energi listrik yang memadai dapat mengganggu ketersediaan energi listrik bagi pelanggan. Salah satu cara untuk menjaga ketersediaan energi listrik yang mampu mengakomodasi perkembangan beban tanpa menambah kapasitas pembangkit utama adalah dengan menempatkan Distributed Generation (DG). DG mampu memasok daya aktif tambahan pada jaringan distribusi energi listrik namun penempatan yang kurang tepat dapat mengakibatkan keluaran daya aktif DG yang tidak maksimal. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini diusulkan rekonfigurasi jaringan dan penentuan lokasi DG yang sesuai dengan menggunakan metode Genetic Algorithm untuk diuji pada sistem distribusi radial tiga fasa. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penempatan 1 DG 1 MW pada bus 23 sistem IEEE 33 bus menghasilkan keluaran daya aktif sebesar 1 MW. Penempatan 2 DG 1MW pada bus 15 dan 31 sistem ieee 33 bus, menghasilkan keluaran daya aktif maksimal sebesar 1 MW pada setiap DG. Penempatan 3 DG 1MW pada bus 29,30 dan 32 sistem ieee 33 bus, menghasilkan keluaran daya aktif maksimal sebesar 1 MW pada setiap DG. Rekonfigurasi jaringan dan penempatan 3 DG 1 MW mampu menghasilkan keluaran daya aktif DG maksimal sebesar 0,87 MW pada bus 27, 0,94 MW pada bus 30, dan 1 MW pada bus 33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.319 Mun s
Uncontrolled Keywords: Daya Aktif, Distributed Generation, Genetic Algorithm, Rekonfigurasi Jaringan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:05
Last Modified: 15 Mar 2019 08:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62511

Actions (login required)

View Item View Item