Desain Perangkat Percobaan Akselerasi Umur Dengan Kelembaban Dan Kontaminasi Terkontrol Untuk Motor Induksi

Mahardhika, Daniel (2015) Desain Perangkat Percobaan Akselerasi Umur Dengan Kelembaban Dan Kontaminasi Terkontrol Untuk Motor Induksi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (38MB)

Abstract

Isolasi adalah bagian penting dari motor induksi untuk mencegah terjadinya short circuit. Setiap bahan isolasi mempunyai ketahanan yang berbeda untuk menahan arus listrik. Kekuatan isolasi dapat berkurang karena adanya pengaruh lingkungan seperti kelembaban dan kontaminasi. Untuk mengetahui pengaruh kelembaban dan kontaminasi pada isolasi khusunya pada motor induksi diperlukan suatu metode. Metode tersebut dikenal dengan akselerasi umur. Metode ini dilakukan dengan cara mengkondisikan lingkungan suatu isolasi dengan tingkat di atas kondisi normal. Untuk mengakomodasi percobaan akselarasi umur isolasi pada motor induksi karena pengaruh kelembaban dan kontaminasi diperlukan sebuah alat. Maka dibuatlah sebuah chamber dengan kelembaban dan kontaminasi di dalamnya yang dapat dikontrol. Chamber ini mampu meningkatkan kondisi kelembaban dan kontaminasi dengan motor induksi dalam keadaan berkerja di dalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.317 Mah d
Uncontrolled Keywords: Isolasi, Motor Induksi, Akselerasi Umur, Kelembaban, Kontaminasi, Chamber.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:04
Last Modified: 18 Mar 2019 02:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62514

Actions (login required)

View Item View Item