Studi Aliran Daya Sistem Distribusi Radial Tiga Fasa Metode Newton-Raphson Untuk Memperbaiki Profil Tegangan Menggunakan Rekonfigurasi Jaringan Dan Penempatan Kapasitor Bank

Yaqin, Ainul (2015) Studi Aliran Daya Sistem Distribusi Radial Tiga Fasa Metode Newton-Raphson Untuk Memperbaiki Profil Tegangan Menggunakan Rekonfigurasi Jaringan Dan Penempatan Kapasitor Bank. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Analisa aliran daya merupakan bagian yang penting dalam melakukan desain dan operasi pada sistem distribusi tenaga listrik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk analisa aliran daya adalah metode Newton-Raphson. Metode tersebut umumnya digunakan untuk analisa sistem transmisi. Karena topologi sistem distribusi yang berbeda dengan transmisi maka, analisa aliran daya klasik tidak selalu dapat digunakan untuk sistem distribusi. Sistem distribusi umumnya radial dan beroperasi pada tegangan menengah serta tersambung dengan beban, oleh karena itu profil tegangan harus dijaga pada standart yang diperbolehkan. Pada tugas akhir ini diusulkan analisa aliran daya sistem distribusi radial tiga fasa seimbang dengan metode Newton-Raphson untuk aplikasi perbaikan profil tegangan pada bus dengan cara melakukan rekonfigurasi jaringan dan menempatkan kapasitor bank. Penilitian ini menggunakan IEEE 16 bus modifikasi untuk uji coba. Hasilnya metode Newton-Raphson dapat digunakan untuk aplikasi rekonfigurasi jaringan dan penempatan kapasitor bank. Hal tersebut dapat dilihat dengan validasi degan ETAP yang menghasilkan kesalahan perhitungan terbesar dengan nilai 0,03285%. Rekonfigurasi jaringan dan penempatan kapasitor bank secara bersamaan akan menghasilkan perbaikan tegangan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.319 Yaq s
Uncontrolled Keywords: Analisis Aliran Daya Sistem Distribusi, Rekonfigurasi jaringan, Kapasitor Bank
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:26
Last Modified: 19 Mar 2019 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62535

Actions (login required)

View Item View Item