Analisa Kestabilan Transien Pada Jaringan Distribusi IEEE 34 Bus Dengan Adanya Pembangkitan Terdistribusi

Prasetya, Azhar Ade (2015) Analisa Kestabilan Transien Pada Jaringan Distribusi IEEE 34 Bus Dengan Adanya Pembangkitan Terdistribusi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (30MB)

Abstract

Kebutuhan energi listrik semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk pada suatu wilayah baik untuk memenuhi kebutuhan energi listrik rumah tangga maupun kebutuhan energi listrik industri. Untuk memenuhi permintaan energi listrik tersebut, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memasang pembangkitan terdistribusi yang diintegrasikan pada grid. Kestabilan sistem tenaga listrik merupakan hal yang harus diperhatikan agar kontinuitas penyaluran energi listrik tetap terjaga, sehingga kerugian-kerugian akibat dari pemadaman listrik dapat diminimalisir. Salah satu parameter kestabilan sistem tenaga listrik adalah kestabilan sudut rotor pada generator, dalam hal ini generator yang dimaksud adalah pembangkitan terdistribusi. Stabilitas sudut rotor adalah kemampuan dari generator untuk mempertahankan keadaan sinkronnya ketika terjadi suatu gangguan, baik gangguan besar maupun gangguan kecil. Untuk menjaga generator agar tetap dalam keadaan sinkronnya diperlukan waktu pemutusan kritis (CCT) yang sesuai ketika terjadi suatu gangguan. Dengan menggunakan metode Time Domain Simulation akan didapatkan nilai CCT diantara waktu pemutusan stabil dan waktu pemutusan tidak stabilnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.317 Pra a
Uncontrolled Keywords: Pembangkitan Terdistribusi, Kestabilan Sistem Tenaga Listrik, CCT, Time Domain Simulation
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:42
Last Modified: 19 Mar 2019 06:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62537

Actions (login required)

View Item View Item