Strategi Pelepasan Beban Menggunakan Relaksasi Batasan Di Sistem 500 KV Jawa-Bali

Yudha, Alneo Lesag Manggala (2015) Strategi Pelepasan Beban Menggunakan Relaksasi Batasan Di Sistem 500 KV Jawa-Bali. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (66MB)

Abstract

Sistem operasi tenaga listrik memiliki tujuan utama untuk mengoptimalkan kontinuitas dan syarat ekonomis. Namun, kontingensi seperti saluran transmisi yang terlepas dapat menyebabkan nilai impedansi dan kapasitas saluran berubah. Sisi pembangkit yang sebenarnya masih mampu menyuplai beban, menjadi tidak dapat menyalurkan daya sesuai yang dibutuhkan karena keterbatasan kapasitas saluran yang tersisa. Oleh sebab itu, pelepasan beban harus dilakukan. Selain itu, biaya pembangkitan termurah yang telah diperoleh ketika sistem dalam kondisi normal berubah menjadi lebih mahal ketika sistem terganggu. Pada tugas akhir ini digunakan solusi sebuah perumusan ACOptimal Power Flow dengan fungsi objektif yang dapat meminimal total biaya pembangkitan dan pelepasan beban. Sementara itu untuk mengurangi jumlah daya yang dilepas, maka pelepasan beban diminimalkan dengan strategi relaksasi batasan. Strategi yang digunakan adalah dengan merelaksasi batas minimum tegangan pada bus beban dan dengan merelaksasi batas kapasitas maksimum aliran daya pada saluran. Hasil simulasi yang diperoleh menunjukkan bahwa ketika terjadi kontingensi saluran pada sistem 500 KV Jawa-Bali perlu dilakukan pelepasan beban sebanyak 421,2576 MW. Sementara itu dengan strategi pelepasan beban menggunakan relaksasi batasan, beban yang dilepas dapat diminimalkan menjadi 198,03 MW dan total biaya pembangkitan serta pelepasan beban saat kontingensi bisa diminimalkan dari Rp 6.337.175.738,- menjadi Rp 6.028.173.830,-.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.31 Yud s
Uncontrolled Keywords: Kontingensi, Pelepasan Beban, AC-Optimal Power Flow, Relaksasi Batasan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:58
Last Modified: 19 Mar 2019 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62542

Actions (login required)

View Item View Item