Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Pemandu Museum Virtual Di Museum Neka Ubud Bali

Rinaldi, Vincent (2015) Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Pemandu Museum Virtual Di Museum Neka Ubud Bali. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of undergraduated thesis.pdf]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview

Abstract

Minat masyarakat untuk datang ke museum setiap tahun se-
makin menurun. Menurut data tahun 2009 yang dikeluarkan oleh
Departemen Budaya dan Pariwisata Indonesia, terdapat penurunan
jumlah pengunjung museum sebanyak 360.000 pada tahun 2007 dan
kembali menurun sebanyak 30.000 pada tahun 2008. Diperlukan me-
dia yang menarik dalam memberikan informasi tentang koleksi mu-
seum, untuk mengembalikan minat masyarakat mengunjungi muse-
um. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi menge-
nai koleksi museum secara lengkap dan menarik melalui pemandu
virtual. Pemandu virtual dirancang dengan mengimplemntasikan
teknologi Augmented Reality (AR), yang mampu memjelaskan dan
menampilkan informasi dari setiap bagian keris di Museum Neka.
Teknologi AR yang diterapkan di Museum Neka menggunakan QR
code sebagai marker. Pengunjung museum dapat mengetahui in-
formasi dari setiap keris, hanya dengan memindai QR code yang
berada di sekitar keris, ketika perangkat berhasil memindai QR co-
de maka informasi virtual akan muncul pada layar. Dari hasil tugas
akhir ini dihasilkan sebuah aplikasi pemandu virtual yang mampu
menampilkan informasi teks dan gambar bagian keris di Museum
Neka, yang diberi nama Pugar. Perancangan aplikasi Pugar meng-
gunakan metode feasibility prototyping, sehingga dihasilkan bebe-
rapa portotype aplikasi. Setelah dilakukan pengujian didapatkan
sebanyak 62,79% responden lebih nyaman menggunakan tampilan
Pugar versi 3.0 (prototipe ke-3) dan 90,70% menyatakan aplikasi
Pugar bermanfaat jika diterapkan di Museum Neka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 004.019 Rin p
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Museum, Pemandu, Virtual
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 26 Mar 2019 04:25
Last Modified: 26 Mar 2019 04:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62585

Actions (login required)

View Item View Item