Studi Kelayakan Jaringan Jalan Raya Akibat Adanya Trem Kota Surabaya (segmen 1 Joyoboyo-Basuki Rahmat)

Wijaya, Gordon Surya (2015) Studi Kelayakan Jaringan Jalan Raya Akibat Adanya Trem Kota Surabaya (segmen 1 Joyoboyo-Basuki Rahmat). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111106014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3111106014-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3111106014-Presentation.pdf]
Preview
Text
3111106014-Presentation.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3111106014-Paper.pdf]
Preview
Text
3111106014-Paper.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Perkembangan suatu wilayah yang pesat membawa
konsekwensi tertentu, terutama terhadap penyediaan sarana
dan prasarana transportasi.Surabaya sebagai Kota terpadat ke
2 di Indonesia mengalami perkembangan yang lumayan
signifikan. Bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang naik
0.43%dari 7.09% menjadi 7.52% pada tahun
2011(Surabaya.go.id , RPJMD kota Surabaya tahun 2010-
2015). Kenaikan pertumbuhan ekonomi berimbas dengan
kemampuan daya beli masyarakat yang ikut naik, sehingga
makin bertambah pula kendaran-kendaraan pribadi yang
melintas di Kota Surabaya. Hal ini menyebabkan
bertambahnya volume kendaraan yang nantinya akan
menimbulkan kemacetan, Maka dari itu perlu peningkatan
sarana dan prasarana transportasi yang lebih memadai.
Dampak jalan Trem terhadap jalan raya yang dilaluinya
adalah pengurangan lajur jalan yang sebagian digunakan
sebagai jalur Trem. Hal ini diperkirakan akan menambah
derajat kejenuhan yang terjadi pada Jalan sepanjang Jalan
Raya Darmo – Basuki rahmat apabila tidak adanya
perpindahan moda dari kendaran pribadi ke angkutan massal,
Oleh karena itu dilakukan probabilitas perpindahan dari
ii
penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal sebesar
20%.
Studi kelayakan ini menggunakan analisa penghematan
nilai waktu dan perhitungan BOK. Analisa ini bertujuan untuk
membandingkan antara manfaat yang akan didapatkan dengan
setelah ada nya jaringan jalan trem. Nilai saving yg di dapat
dari BOK sebesar Rp. 1.158.109.596.238,25 dan nilai waktu
sebesar Rp. 2.691.407.516.700,55
Maka total benefit yang di dapat sebesar
Rp. 3.849.517.112..938,80
Dengan Hasil NPV = Rp 1.227.724.052.625 > 0
Hasil BCR = 1,468 > 1
Sehingga pembangunan jalan trem segmen 1 joyoboyo –
basuki rahmat dinyatakan layak. ========== The rapid development of a region, bring certain
consequences, mainly on the provision of transport facilities
and infrastructure.Surabaya as the second most populous city
in indonesia experienced a significant growth.It can be seen
from economic growth that rose from 0.49% from 7.09% to
7,52% in 2011.The increase in economic growth affect the
purchasing power of the people.So the result is there is an
increase in private vehicles that passing in Surabaya city. This
will increase the volume of vehicles that will cause
congestion.Therefore it is necessary to increase transportation
infrastructure more adequate.
The impact of the tram on the highway that passes is a
reduction in a part of road lane that used as a tram lane.This is
expected to increase the degree of saturation that occurs on the
Darmo – Basuki Rahmat highway if there is no modal transfer
form private vehicles to mass transit. Therefore there is
probability displacement of private vehicles users to mass
transit by 20%.
This feasibility study using the analysis of the value of
time savings and calculation of vehicle operation costs. This
analysis aimed to compare the benfits to be obtained after the
tram road network.The saving value obtained from the vehicle
iv
operation cost by Rp. 1,158,109,596,238.25 and value of time
by Rp. 2,691,407,516,700.55
Total benefits obtained by Rp. 3,849,517,112,938.90
NPV result = Rp. 1,227,724,052.625 > 0
BCR result = 1.468 > 1
So the tram road construction segment 1 Joyoboyo –
Basuki Rahmat Highway declared economically viable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Wij s
Uncontrolled Keywords: Trem, Segmen 1 Joyoboyo – Basuki Rahmat studi kelayakan, BOK
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169 Reliability (Engineering)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:58
Last Modified: 29 Mar 2019 03:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62639

Actions (login required)

View Item View Item