Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Terhadap Pelayanan Di Kawasan Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri Dengan Pendekatan Structural Equation Modeling

Asmara, Yollafie (2016) Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Terhadap Pelayanan Di Kawasan Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri Dengan Pendekatan Structural Equation Modeling. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1312100097-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
1312100097-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kawasan Wisata Goa Selomangleng merupakan salah satu obyek wisata di Kota Kediri. Tahun 2014 jumlah pengunjungnya mencapai 105.262 pengunjung, sedangkan tahun 2015 jumahnya menurun drastis sebesar 75.765 pengunjung. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu penelitian untuk menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas pengunjung Kawasan Wisata Goa Selomangleng. Data penelitian ini adalah data primer, yang dianalisis dengan metode IPA, SEM, dan NPS. Terdapat 33 indikator yang terdiri dari 25 indikator variabel kualitas pelayanan, 3 indikator variabel kepuasan, dan 5 indikator variabel loyalitas. Hasil IPA menyatakan indikator yang perlu diperbaiki adalah kinerja petugas dalam memberikan rasa nyaman dan pelayanan yang baik, kebersihan fasilitas umum serta kebersihan lingkungan. Analisis SEM menghasilkan terdapat pengaruh langsung antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung dan kepuasan dengan loyalitas pengunjung. Selain itu, terdapat pengaruh tak langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas dan hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui variabel kepuasan. Tingkat loyalitas pengunjung sebesar -13%. Artinya, besar kemungkinan pengunjung akan berpindah ke tempat wisata lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Asm a
Uncontrolled Keywords: IPA, NPS, SEM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:04
Last Modified: 12 Apr 2019 03:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62744

Actions (login required)

View Item View Item