Peningkatan jalan raya Ambeng - Ambeng Km SBY 26+685 - Km SBY 29+685 kabupaten Gresik - Provinsi Jawa Timur

Utama, Indra Wahyu (2015) Peningkatan jalan raya Ambeng - Ambeng Km SBY 26+685 - Km SBY 29+685 kabupaten Gresik - Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112106031-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112106031-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3112106031-Paper.pdf]
Preview
Text
3112106031-Paper.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 3112106031-Presentation.pdf]
Preview
Text
3112106031-Presentation.pdf - Presentation

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jalan Lingkar Luar Timur adalah jalan yang
direncanakan akan menghubungkan Tambak Oso Juanda
sampai ke Kenjeran dengan panjang jalan kurang lebih
18,61 kilometer. Adapun perencanaan jalan tersebut akan
menghubungkan beberapa kawasan yang berada di wilayah
sisi timur kota Surabaya dan untuk perencanaan
pembangunannya akan dibangun secara bertahap dimulai
dari sisi Tambak Oso Juanda hingga berakhir di Kenjeran.
Adapun perencanaan jalan ini khususnya pada wilayah
Rungkut Kelurahan Wonorejo akan direncanakan dengan
tipe konstruksi jalan yang berada diatas muka jalan
sebelumnya (jalan existing) dan tidak boleh ditimbun
dikarenakan adanya hutan bakau atau mangrove di sekitar
jalan tersebut. Alasan pemilihan tipe konstruksi jalan
tersebut adalah agar tidak mengganggu aliran air sungai
yang mengalir dan aktifitas pengemudi lalu lintas yang
melewati sekitar jalan tersebut. Sehingga perencanaan jalan
dengan tipe konstruksi jalan elevated (diatas muka tanah
atau muka jalan) sangat cocok sebagai pemilihan metode
perencanaan jalan dengan kondisi lokasi tersebut.
Mengacu dari latar belakang tersebut maka
dalam tugas akhir ini penulis membahas mengenai
ii
perencanaan jalan lingkar luar timur dengan metode slab
on pile dan pier head. Dalam pembahasan ini meliputi
perencanaan strukturnya baik struktur atas dan bawah
untuk slab on pile dan pier head yang mengacu pada
peraturan RSNI T 02-2005 dan SNI 03 2833-2008,
pembahasan kedua akan meliputi pemodelan strukturnya
dengan program SAP 2000 versi 14.2, pembahasan ketiga
akan membahas cek kontrol keamanan strukturnya baik
struktur atas dan bawah, pembahasan keempat akan
membahas perencanaan rencana anggaran biaya baik
struktur slab on pile dan pier head dengan menggunakan
HSPK Jawa Timur 2014.
Dari hasil perencanaan jalan lingkar luar
timur ini dari perencanaan slab on pile didapatkan harga
yang paling ekonomis dan kuat aman dalam strukturnya
dengan kondisi I – SoP untuk bentang 4 m dan kondisi IIISoP
untuk bentang 6 m sedangkan dari pier head
didapatkan harga yang paling ekonomis dan kuat aman
dalam strukturnya dengan kondisi V – PH untuk bentang 4
m dan kondisi III – PH untuk bentang 6 m. ========== East Outer Ring Road is planned road will
connect Tambak Oso Juanda to Kenjeran with road length of
approximately 18.61 kilometers. The planning of the road will
connect several areas within the area of the east side of the city of
Surabaya and for regional development plans will be built in
stages starting from the side of the Tambak Oso Juanda to expire
in Kenjeran. The planning of this road especially in the area
Rungkut Wonorejo Village will be planned with type of the road
construction that is above the face of the previous (existing road)
and should not be dumped because of the mangrove forest around
the road. The reason for choosing the type of the road
construction is not to disrupt the flow of river water flowing and
activity driver who passes around the road. So, the path planning
elevated road construction type (above ground level or face the
road) is very suitable as a selection method of the path planning
with the site conditions.
Referring to this background, in this thesis the
author discusses the planning of the Outer Ring Road East to the
methode of Slab on Piles and Pier Head. In this discussion
include planning structure, both top and bottom structure to Slab
on Pile and Pier Head which refers to the rules RSNI T 02-2005
and SNI 03 2833-2008, the second discussion will include the
modelling structure with SAP 2000 version 14.2, the third
iv
discussion security control checks structure, both top and bottom
structure, the fourth discussion will discuss planning budget plan
both Slab on Piles and Pier Head by using HSPK East Java in
2014. From the planning of the Outer Ring Road East is from the
planning Slab on Piles on the most economical price and strong
safe structure with condition I – SoP for span 4 m and condition
III – SoP for span 6 m. But is from the planning Pier Head on the
most economical price and strong safe structure with condition V
– PH for span 4 m and condition III – PH for span 6 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Uta p
Uncontrolled Keywords: Jalan Lingkar Luar Timur, Tambak Oso, Rungkut, Slab on Piles, Pier Head, East Outer Ring Road, Tambak Oso, Rungkut, Slab on Piles, Pier Head
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:16
Last Modified: 16 Apr 2019 02:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62767

Actions (login required)

View Item View Item